Ingin Jual Mobil Bekas? Ini Hal yang Perlu Dipersiapkan

600
Ilustrasi jual mobil.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bila ingin menjual mobil bekas, sebaiknya tidak tergesa-gesa. Sebab ada hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

Tak melulu soal kondisi fisik mobil saja yang menjadi sorotan. Calon pembeli pasti akan memperhatikan perihal lainnya sebelum memutuskan memilih mobil bekas idaman.

Lantas, hal apa saja yang diperhatikan? Berdasarkan beberapa sumber, ini 3 hal yang harus dipersiapkan sebelum menjual mobil bekas:

1. Mencari Harga Pasaran Sebelum Menjual

Dalam melakukan transaksi apapun, semua orang pasti tidak ingin rugi. Apalagi saat jual-beli mobil bekas. Penting diketahui, menjual mobil bekas memang berbeda dengan menjual rumah.

Jika rumah memiliki harga yang terus naik, lain halnya dengan mobil. Harga jual mobil bekas pasti akan lebih rendah dari harga belinya dulu.

Harga mobil bekas biasanya dipengaruhi oleh tahun, tipe, serta kondisi mobil. Sebelum menjual mobil bekas, coba cek di koran atau situs jual beli mobil untuk mendapatkan informasi mengenai harga pasaran terbaru.

2. Memastikan Dokumen Mobil Tidak Bermasalah

Sebagian besar orang tidak mau repot membeli mobil yang terlambat bayar pajak atau surat-surat yang tidak lengkap. Oleh karena itu, sebelum menjual mobil bekas, urus semua kekurangan administrasi mobil.

Jangan sesekali menjual mobil yang status suratnya sudah mati atau bermasalah. Sebab hal ini akan menyulitkan kedua belah pihak di kemudian hari.

3. Pastikan Mesin Mobil dalam Keadaan Normal

Hal lain yang tak kalah penting dipersiapkan adalah keadaan mesin mobil. Jangan sesekali menjual mobil bekas dalam keadaan mesin bermasalah.

Pasalnya, perkara mesin bisa memicu kekecewaan pelanggan. Belum lagi biaya memperbaiki mesin terbilang cukup mahal.

Apabila memang ada bagian mesin yang bermasalah, sebaiknya komunikasikan dengan calon pembeli. Hal ini dilakukan guna mencegah kepercayaan pembeli kepada penjual. (trj/ono)