172 Warga Kota Pasuruan Dapat Bantuan RTLH dari Pemkot

1086

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan warga Kota Pasuruan mendapatkan bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemkot. Para penerima ini adalah mereka yang memiliki rumah tidak layak dan masuk kategori tidak sehat.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengatakan, secara keseluruhan di Kota Pasuruan ada 1700 warga yang butuh bantuan. Namun karena keterbatasan anggaran, tahun ini baru 172 yang mendapatkan bantuan.

“Tahun depan insyaallah bisa lebih banyak lagi,” kata Gus Ipul, Rabu (02/06/2021).

Sebanyak 172 keluarga penerima itu berasal dari semua kecamatan yang ada di Kota Pasuruan. Para penerima ini juga sudah melalui proses verifikasi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Baca Juga :   Ini Penyebab Gempa Malang Bisa Merusak Rumah di Lumajang hingga Pasuruan

Adapun jumlah bantuan yang diterima ialah sebesar Rp17.500.000 tiap keluarga. Kriteria utama penerima bantuan ini ialah mereka yang memiliki rumah yang tidak sehat dan tidak menunjang keselamatan keluarga.

“Penerima bantuan harus benar-benar menggunakan uangnya untuk merenovasi rumah,” imbuh Gus Ipul.

Ia menambahkan, para penerima ini nantinya mengutamakan renovasi atau membangun toilet. Sebabnya, di Kota Pasuruan saat ini masih ada 2.500 keluarga yang tak memiliki jamban.

“Pola pikirnya harus dibalik. Kalau dulu ruang tamu harus baik, sekarang toilet dan dapurnya dulu harus bersih,” pungkas Gus Ipul. (tof/**)