Jagoan Bom Thamrin Pimpin Polres Probolinggo

1896

Surabaya (WartaBromo) – AKBP Teuku Arsya Khadafi didapuk memimpin Polres Probolinggo mulai Kamis, 17 Juni 2021. Perwira menengah ini, tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sosoknya viral saat bom Thamrin terjadi pada 2016 silam.

Alumni Akpol 2003 tersebut, menggantikan AKBP Ferdy Irawan, seniornya. Sebelum dipromosikan sebagai Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat Polda Metro. Sedangkan AKBP Ferdy Irawan, menduduki jabatan baru Wakapolresta Bogor.

Pria berdarah Aceh itu, viral di media sosial (Medsos) 4 tahun silam. Di mana saat itu ia mendatangi lokasi kejadian dan saat itu sudah terjadi dua ledakan di Starbucks dan pos Pol Thamrin.

Arsya merupakan lulusan Akademik Kepolisian tahun 2003 silam. Dinas pertamanya sebagai Danton Dalmas di Polda Jawa Timur selama satu tahun. Setelah itu, ia ditarik oleh Polres Wiltabes Surabaya yang kini sudah berubah nama menjadi Polrestabes Surabaya dan menjabat Kasubnit Jatanras.

Lama bertugas di Jatim, Arsya kembali sekolah ke Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Lulus sekolah, Arsya tidak kembali ke Polda Jatim. Ia ditempatkan di Jatanras Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2015, ia ditarik sebagai Kanit Resmob Polda Metro Jaya. Pada tahun 2016, ia dan anggotanya berhasil mengungkap kasus pembunuhan anak dan ibu. Pasca bom Thamrin, Arsya yang berpangkat Kompol dipromosikan sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat pada awal tahun 2020.

Serah terima 30 Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres jajaran Polda jatim, dilaksanakan di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim. “Terima kasih kepada pejabat lama yang telah bertugas di Polda Jatim dengan sangat baik. Dan kepada pejabat baru saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di polda jatim,” ucap Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, saat memberikan sambutan.

Irjen Nico manambahkan, bahwa di situasi Covid-19 saat ini mengalami naik turun, jika tidak mematuhi prokes maka Covid-19 akan naik. “Apalagi saat ini ada varian baru B-16172 dari India, maka pejabat yang baru betul-betul melaksanakan program pemerintah terkait penanganan Covid-19,” tandas perwira bintang 2 itu.

Di Mapolres Probolinggo, sejumlah karangan bunga dan ucapan selamat terpajang. Ucapan Sertijab itu datang dari berbagai tokoh dan instansi di Kabupaten Probolinggo.

“Ijin undur diri Rekan2 mitra media probolinggo…trimakasih atas kebersamaan kita selama ini dan mhn maaf apabila ada hal yg kurang berkenan dihati…🙏🙏,” tulis AKBP Ferdy Irawan di grup WhatsApp. (saw/saw)