Peluang Untung Besar! Yuk, Coba Ide Bisnis Pertanian Rumahan

604

Pasuruan (wartabromo.com) – Suka bertani dan ingin menghasilkan uang tetapi tidak ingin pergi ke sawah? Tidak perlu bingung, pasalnya jenis bisnis pertanian berpotensi memiliki keuntungan yang besar.

Kok bisa? Sebab, produk yang dihasilkan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Tapi, apakah harus memiliki lahan yang luas di rumah? 

Tentu tidak! Nah, bagi bolo warmo yang ingin mencoba berbisnis pertanian rumahan, cukup siapkan lahan berukuran beberapa meter saja. Lantas, apa yang bisa ditanaman? 

Tak perlu bingung, dinukil dari beberapa sumber, berikut ini rekomendasi ide bisnis pertanian rumahan yang bisa dicoba: 

1. Menjual Tanaman Organik 

 Ide bisnis pertanian rumahan yang pertama ialah menjadi petani tanaman organik. Saat ini, permintaan terhadap jenis tanaman bebas zat kimia yang satu ini sangat tinggi di pasaran.

Hal ini dikarenakan jenis tanaman organik disebut-sebut lebih sehat dan memiliki penampilan yang menarik. Oleh karena itu, menjadi petani tanaman organik bisa menjadi salah satu ide bisnis petani rumahan yang cukup menjanjikan. 

2. Jual Tanaman Obat 

 Di masa pandemi seperti ini, obat-obatan herbal menjadi salah satu pilihan populer di kalangan masyarakat. Melihat tren yang tinggi, menjadi petani tanaman obat bisa jadi jalan ninjamu.

Pasalnya, obat-obatan herbal kini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Nah, kalau Bolo ingin menjadi petani tanaman obat atau herbal, Bolo bisa memilih jenis tanaman apotek. 

Seperti daun sirih, kumis kucing, atau temulawak. Jenis tanaman apotek tersebut bisa di tanaman di lahan yang terbatas. 

3. Jual Bibit Tanaman 

 Diperpanjangnya PPKM darurat ternyata tak selamanya berdampak buruk. Bahkan, tak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan ini untuk mengembangkan ide kreatif demi mendapatkan cuan meski dari rumah.

Nah, salah satu ide yang bisa dikembangkan adalah menanam bibit tanaman. Kemudian, jual saja bibit tanaman yang sudah Bolo rawat. 

Jangan lupa untuk melihat potensi bibit tanaman apa yang paling banyak dicari oleh masyarakat sekitar. Misalnya, bibit tanaman hias, buah-buahan, dan lain sebagainya. (trj/may)