Teliti Hal Ini Sebelum Beli Kamera Bekas

370

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Kehadiran kamera digital yang cukup mahal, membuat sebagian orang enggan membeli baru. Sehingga, kamara second dijadikan alternatif pembelian bagi yang ingin membeli kamera tetapi tak punya cukup dana.  

Sayangnya, tak banyak orang pandai memilih kamera bekas. Akibatnya, banyak yang tertipu, mulai dari dipatok dengan harga mahal tetapi kualitas rendah hingga kamera yang sudah tak layak pakai. 

Untuk itu, sangat penting diketahui hal-hal apa saja yang harus dicek saat membeli kamera second. Dilansir dari beberapa sumber, inilah diantaranya: 

1. Pastikan Kondisi Tombol Kamera Masih Lengkap 

Tips membeli kamera bekas yang pertama ialah selalu pastikan kamera yang hendak dibeli memiliki tombol-tombol yang masih lengkap. Tidak hanya itu, pastikan juga dapat berfungsi dengan baik, serta jangan sampai ada tombol yang cacat. 

 2. Periksa Flash Kamera 

Untuk mengecek kondisi flash pada kamera sebenarnya cukup mudah. Yakni tekan tombol flash pada kamera bekas, maka flash akan muncul. Cobalah untuk memotret dengan kondisi flash menyala dan lihat hasil fotonya.  

3. Pastikan Bodi Kamera Mulus 

Periksa semua bagian bodi kamera dan kenal bekas-bekas penggunaan harian misal lecet pada bodi akibat terjatuh atau semacamnya. Periksa pula bagian LCD, Hotshoe flash atau flash eksternal. 

Periksa juga bagian tempat tali kamera, apakah masih kuat atau tidak untuk menopang kamera saat digantungkan di leher. Periksa pula baut dan mur secara teliti, apakah ada yang hilang atau sudah pernah dibongkar atau belum. 

 4. Pastikan Kondisi Lensa Kamera Masih Bagus 

Pastikan kondisi fisik lensa dan kondisi karet yang ada pada lensa dalam kondisi baik. Gunakan kamera untuk memotret dan coba atur zoom, setelah itu cek hasil fotonya. 

Pastikan tidak adanya jamur, kotoran atau debu pada lensa. Ingat kebersihan lensa mempengaruhi ketajaman pada gambar yang dihasilkan. (trj/may)