Tips Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar dan Tepat

419

Pasuruan (wartabromo.com) – Banyak orang yang masih tak memperhatikan terkait kesehatan telinga. Padahal apabila tak diperhatikan betul, bisa membuat kehilangan indera pendengaran lho!

Sayangnya, tak banyak orang yang tahu tips menjaga kesehatan telinga dengan benar. Padahal, merawat kebersihan dan kesehatan panca indera, termasuk telinga penting dilakukan guna mencegah berbagai masalah pendengaran.

Dinukil dari alodokter.com, begini tips menjaga kesehatan telinga dengan benar dan tepat:

1. Hindari Penggunaan Ear Candle

Salah satu metode alternatif yang cukup populer di masyarakat untuk membersihkan telinga adalah terapi ear candle. Namun faktanya, banyak dokter yang tidak menyarankan penggunaan ear candle.

Kenapa? karena metode ini tidak terbukti efektif untuk membersihkan telinga dan tidak jelas apa manfaatnya untuk kesehatan telinga. Bukannya bermanfaat, penggunaan ear candle juga cenderung berbahaya karena bisa menyebabkan cedera pada telinga, seperti terbakar dan tersumbatnya saluran pendengaran.

2. Bersihkan Telinga dengan Benar

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yakni bagian dalam, tengah, dan luar. Seluruh bagian ini memiliki fungsinya masing-masing agar kamu dapat mendengar dengan baik.

Saat membersihkan telinga, ada baiknya untuk membersihkan pada bagian luar atau daun telinga saja. Pasalnya, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran berlebih.

3. Hindari Pemakaian Cotton Bud pada Lubang Telinga

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Sayangnya, aktivitas ini sebenarnya kurang baik untuk dilakukan.

Sebab, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa membuat kotoran telinga terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka, sebaiknya cukup bersihkan bagian daun telinganya saja.

4. Jaga Telinga Agar Tetap Kering

Kondisi telinga yang sering basah atau terlalu lembap memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga. Hal ini akan memicu iritasi dan infeksi pada telinga.

5. Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Pemeriksaan telinga ke dokter THT secara rutin juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi bila ada gangguan pada telinga. Pada pemeriksaan ini, dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengaran dengan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga serta tes pendengaran.

Penting diketahui, masalah pada telinga juga bisa mengganggu keseimbangan tubuh yang muncul berupa vertigo. Oleh karena itu, sangat perlu menjaga kesehatan telinga dengan baik agar organ pendengaran dan kesimbangan ini tetap berfungsi dengan baik. (trj/may)