Tetap Jaga Prokes, Jumlah Pengunjung Perpustakaan di Pasuruan Mulai Naik

784

Pasuruan (wartabromo.com) – Sejak PPKM Level 2 diberlakukan di wilayah Kabupaten Pasuruan, jumlah kunjungan ke perpustakaan lambat laun semakin meningkat.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan, Moh Ridwan.

Menurutnya, sejak PPKM Level 2, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan mengeluarkan kebijakan dengan membuka tempat-tempat umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan salah satunya perpustakaan.

Secara aturan, jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan dibatasi maksimal 50% dari kapasitas serta harus tetap menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan saat berada di dalam perpus.

“Boleh dibuka dengan aturan maksimal jumlah pengunjung 50% dari kapasitas dan harus tetap taat protokol kesehatan covid,” singkatnya.

Baca Juga :   Perpustakaan di Pasuruan Beli Buku Baru, Anggarannya Capai Rp400 Juta

Dari monitoring yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, jumlah pengunjung meningkat hingga 10% dari sebelum PPKM Level 2.

“Biasanya kalau sebelum PPKM Level 2, yang datang cuma antara 2 sampai 5 orang. Tapi sekarang naik 10%, kami bersyukur akan hal ini,” jelasnya.

Di Kabupaten Pasuruan, total ada 8 perpustakaan umum yang beroperasional. Dari jumlah tersebut, Perpustakaan Pandaan, Grati dan Purwosari menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi.

“Paling banyak ya Kecamatan Pandaan, Grati dan Purwosari. Lokasinya dekat dengan Kecamatan, sekolah dan pemukiman warga. Antusiasme warganya juga lumayan banyak,” terangnya. (mil/yog)