Ini Hasil Penggeledahan KPK di Kantor dan Mobil Disporaparbud dan Dinkes

744
Ini Hasil Penggeledahan KPK di Kantor dan Mobil Disporaparbud dan Dinkes
KPK menggeledah mobil dinas.

Probolinggo (WartaBromo) – Petugas KPK mengakhiri penggeledahan di Disporaparbud dan Dinkes pada Selasa sore, 28 September 2021. Dari 2 organisasi perangkat daerah (OPD) itu, petugas anti rasuah membawa 5 koper dan 1 kardus.

Penyidik mengakhiri pencarian berkas-berkas yang terkait dengan dugaan korupsi di Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 15.00 WIB. Dari kantor Dinkes, petugas terpantau membawa 1 koper dan 1 kardus. Sedangkan di kantor Disporaparbud, ada 4 koper berwarna hitam yang dibawa.

Sebelum mengakhiri aktivitas di Dinkes, seorang penyidik mengenakan rompi warna kuning muda bertuliskan “KPK” keluar ruangan. Ia kemudian menggeledah mobil Suzuki Karimun warna putih berplat merah bernomor polisi (nopol) N-1095-NP.

Ini Hasil Penggeledahan KPK di Kantor dan Mobil Disporaparbud dan Dinkes
KPK mengangkut koper hasil penggeledahan.

KPK juga menggeledah mobil Isuzu Panther bercat hitam dengan pelat merah bernopol N-1085-NP. Mobil bermesin dissel itu, merupakan mobil dinas (mobdin) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr. Shodiq Tjahjono.

Penggeledahan terhadap sejumlah kantor OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, disinyalir sebagai pengembangan kasus jual beli jabatan. Dengan tersangka Puput Tantriana Sari, suaminya Hasan Aminuddin dan 20 ASN. Tepatnya dua camat dan 18 calon Pj. Kades.

Para calon Pj Kades itu, diminta bayar mahar sebesar Rp20 juta dan upeti tanah bengkok, sebanyak Rp5 juta untuk perhektar tanah. Setoran itu, untuk mendapatkan paraf Hasan Aminuddin, dalam surat rekomendasi pada Bupati.

KPK RI sebelumnya juga telah memeriksa Sekda Kabupaten Probolinggo, kepala OPD dan sejumlah ASN. Mulai dari staf kecamatan, sampai Pj Kades di sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo. Untuk melengkapi bukti kasus jual beli jabatan yang dilakukan Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin.

Informasi terbaru, tim penyidik juga dikabarkan memeriksa kediaman Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko. Saat ini pemeriksaan masih berlangsung. (cho/lai/saw)