Wali Kota Probolinggo Minta Pegawai Teladani Rasulullah Saat Launching ASN BerAKHLAK

778

Probolinggo (WartaBromo) – Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin meminta aparatur sipil negara (ASN) meniru akhlak Rasulullah SAW. Hal itu, ia sampai saat meluncurkan (launching) ASN BerAKHLAK di lingkungan Pemkot Probolinggo pada Senin, 11 Oktober 2021.

“Ya tentunya dengan me-launching ASN BerAKHLAK ini, kita bersama keluarga besar ASN pemerintah Probolinggo berkomitmen untuk betul-betul melaksanakan apa yang menjadi harapan kita semua, dengan tema BerAKHLAK,” ujarnya di ruang pertemuan Puri Manggala Bakti Kantor Wali Kota Probolinggo.

BerAKHLAK merupakan nilai dasar atau core value ASN yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 27 Juli 2021. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Selain itu, juga diresmikan employer branding ASN sebagai semboyan, yakni Bangga Melayani Bangsa.

Wali Kota Probolinggo menyebut peluncuran itu merupakan momentum percepatan transformasi ASN. Dengan memegang teguh nilai BerAKHLAK, ASN dapat mendorong terciptanya birokrasi yang semakin dinamis untuk mendukung pembangunan Indonesia, khususnya di Kota Probolinggo.

Ia berharap hal itu, bukan hanya menjadi slogan semata. Namun menjadi nilai karakter ASN yang bisa dilihat nyata oleh masyarakat. Baik dalam sikap, perbuatan, perkataan, dan pengabdian ASN di pemerintahan.

Nilai-nilai itu, menurutnya selaras dengan akhlak yang diteladankan oleh Rasulullah SAW. “Dalam momentum peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, saya mengajak ASN meneladani sikap beliau. Sehingga mampu mewujudkan kerja yang profesional, berintegritas dan melayani masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Habib Hadi itu.

Peluncuran ASN BerAKHLAK tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan (Prokes). Dihadiri oleh sejumlah kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan pengaturan kursi berjarak. Mereka diwajibkan memakai masker. Sementara ASN lainnya di lingkungan Pemkot Probolinggo mengikuti acara secara virtual. (saw/adv)

Simak videonya: