Jelang Haul Kiai Hamid, 957 Personel Keamanan Dikerahkan

727

Pasuruan (WartaBromo.com) – Haul KH Abdul Hamid akan digelar besok, Sabtu (16/10/2021). Ratusan personel keamanan dikerahkan untuk menjaga keberlangsungan acara.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman mengatakan, ada 957 personel keamanan gabungan yang siap diterjunkan. Mereka terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP, dan Banser.

Semua personel keamanan itu disebar di sejumlah tempat yang menyiarkan secara virtual acara haul. Seperti di kantong-kantong parkir yang bakal menampung jemaah dari luar kota.

“Karena memang skema kita, kita pecah kerumunan supaya tidak terpusat dan dilaksanakan secara virtual,” kata Arman.

Seperti diketahui, pelaksanaan haul KH Abdul Hamid bakal dilaksanakan secara virtual. Rangkaian acara akan dimulai sejak hari ini, Jumat (15/10/2021) yakni pembacaan maulid habsyi, temu alumni, khotmil quran hingga acara inti haul KH Abdul Hamid yang dilaksanakan Sabtu.

Di Kota Pasuruan, ada tiga lokasi yang disiapkan untuk menampung jemaah dari luar kota. Yakni Terminal Baru Blandongan, Lapangan Karangketug, dan Lapangan Pohjentrek.

Selain itu, Pemkot Pasuruan juga menyediakan masjid di tiap-tiap kelurahan dan kecamatan sebagai lokasi mengikuti acara haul secara virtual bagi warga sekitar.

Sementara di lokasi pusat lokasi acara, yakni Pondok Salafiyah, hanya jemaah yang membawa undangan yang diperbolehkan masuk.

“Kami mengimbau agar jemaah taat prokes. Kami juga menyediakan masker dan hand sanitizer. Dari depan nanti juga ada screening kesehatan sebelum masuk ke lokasi,” kata perwakilan panitia haul, M. Nailur Rochman. (tof/may)

Baca juga: Haul Kiai Hamid Akan Disiarkan Virtual di Tiap-Tiap Kelurahan di Kota Pasuruan