Haul Kiai Hamid Akan Disiarkan Virtual di Tiap-Tiap Kelurahan di Kota Pasuruan

2407
BERDEKATAN: Gus Ipul berbincang santai dengan Gus Baha saat menghadiri Haul KH Hamid Pasuruan Senin (26/10/2020).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Haul KH Abdul Hamid bin Umar akan diselenggarakan Sabtu (16/10/2021) besok. Acara haul akan disiarkan secara virtual di puluhan masjid yang ada di Kota Pasuruan.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, jemaah yang bakal datang bakal mencapai ribuan, sementara kondisi saat ini masih pandemi Covid-19. Untuk itu, konsentrasi jemaah bakal dipecah.

Beberapa OPD telah diminta untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan haul, seperti menyediakan tempat cuci tangan, menerjunkan tenaga kesehatan, serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Semua kecamatan dan kelurahan di Kota Pasuruan, oleh Gus Ipul, juga diminta menyiapkan satu masjid dan satu lokasi untuk warganya yang ingin mengikuti haul.

“Kita siapkan banyak masjid yang menyiarkan secara virtual. Belum yang dari inisiatif alumni, belum lagi dari dewan masjid,” kata Gus Ipul.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menambahkan, di lokasi pusat acara yakni di Pondok Pesantren Salafiyah, akan dibatasi. Jemaah yang boleh masuk hanya yang memiliki undangan.

Sementara itu, perwakilan panitia M. Nailur Rochman (Gus Amak) menambahkan, rangkaian acara haul akan dilaksanakan sejak hari Jumat yakni pembacaan maulid habsyi, temu alumni, khotmil quran, hingga acara inti haul KH Abdul Hamid pada Sabtu pagi.

Selain itu, Gus Amak menyebut bahwa semua panitia acara sudah tuntas dua kali disuntik vaksin. Ia mengimbau bagi jemaah yang datang atau yang mengikuti acara haul agar taat protokol kesehatan.

“Kami menyiapkan masker dan hand sanitizer. Dari depan nanti juga ada screening kesehatan sebelum masuk ke lokasi,” kata Gus Amak. (tof/may)