Pemkab Probolinggo Siapkan 1.876 TPS Untuk Pilkades 2022

1032

Kraksaan (WartaBromo) – Ada ratusan ribu warga di Kabupaten Probolinggo yang akan menggunakan hak pilih dalam Pilkades Serentak 2022. Pemkab Probolinggo pun menyiapkan 1.876 Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menghindari kerumunan orang saat pencoblosan.

Pada gelaran Pilkades 2022, ada 253 desa di 24 kecamatan yang menyelenggarakannya. Data sementara, disebutkan ada 765.825 warga yang mempunyai hak pilih. Untuk itu, sebanyak 1.876 TPS disiapkan.

“Mereka nantinya akan tersebar di tempat pemungutan suara yang menerapkan protokol kesehatan ketat,” sebut Plt. Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada Rabu, 27 Oktober 2022.

Ia mengatakan, secara teknis pelaksanaan pilkades serentak tersebut sama dengan Pilkades tahun ini. Sesuai Peraturan Bupati Probolinggo nomor 1 tahun 2021. Perbup itu mengatur Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. Dasar berikutnya, Peraturan Bupati Probolinggo nomor 58 tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Probolinggo nomor 1 tahun 2021.

Baca Juga :   Jambret Ponsel Pelajar, Pria Bertato Babak Belur Diamuk Massa

“Kita fokus pada tahapan pembentukan panitia Pilkades yang kompeten. Verifikasi dan validasi berkas dari pendaftar calon kepala desa dapatnya menjadi perhatian semua pihak,” ujar Timbul.

Pemkab Probolinggo sebelumnya telah sukses menggelar Pilkades serentak pada Mei lalu. Ada 62 desa di 21 kecamatan yang menggelar Pilkades di tengah pandemi. Nantinya, tim kepanitiaan kabupaten memaksimalkan kegiatan monev (monitoring dan evaluasi) protokol kesehatan (Prokes).

“Monev dan pemantapan dilakukan terhadap simulasi tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa. Tentunya harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan, aman dari penyebaran Covid -19, serta teknis pelaksanaannya yang harus sudah matang,” tandas ia. (saw/saw)