Anggaran Rehab Pasar Nguling Diusulkan Rp3,9 Miliar, Dibangun Tahun Depan

731

Nguling (WartaBromo.com) – Pemkab Pasuruan menyiapkan anggaran untuk memperbaiki Pasar Nguling yang terbakar. Anggaran yang diusulkan untuk rehab besarnya Rp3,9 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Very mengatakan, saat ini sekitar 43 persen pedagang yang terdampak kebakaran mulai berjualan kembali.

“Ini sudah bertambah. Dari yang kemarin 34 persen. Mereka jualan di tepi jalan dan menggunakan kios blok A,” kata Diano, Jumat (29/10/2021).

Dalam waktu dekat, Disperindag bakal membangun kios darurat untuk relokasi para pedagang yang terdampak di dekat kantor Pasar Nguling dan di pasar hewan.

Anggaran untuk pembangunan kios darurat ini dialokasikan sejumlah Rp200 juta yang bersumber dari pos anggaran belanja tidak terduga (BTT). Menurut Diano, pembangunan ini hanya tinggal menunggu nota dinas dari Bupati Pasuruan.

Baca Juga :   Belum Berizin, Pol PP Tutup Lahan Parkir Cimory yang Ambrol

Sementara itu untuk rehab pasar secara total, lanjut Diano, bakal dilakukan di tahun 2022. Disperindag mengusulkan anggaran sebesar Rp3,9 miliar dan anggaran itu masih digodok.

“Yang pasti akan dibangun tahun 2022. Usulannya segitu. Yang didahulukan yang dalam dulu, los di blok C dan B,” imbuh Diano.

Seperti diketahui, kebakaran meludeskan ratusan kios pedagang dan sejumlah los Pasar Nguling. Disperindag mencatat ada 257 pedagang yang terdampak dan kerugian akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah. (tof/may)