Bangun Potensi Wisata Bahari, Pemkot Pasuruan Gelar Lomba Dayung

1138

Pasuruan (wartabromo.com) – Lomba dayung kembali digelar Pemerintah Kota Pasuruan, Minggu (14/11/2021) pasca 3 tahun ditiadakan. Lomba tersebut diikuti 16 orang nelayan yang berasal dari Kota Pasuruan.

Sorak sorai dan tepuk tangan penonton terdengar saat bendera start diangkat sebagai simbol lomba dimulai. Seketika puluhan nelayan adu cepat mengayun dayung dari ujung dermaga Pelabuhan Panggungrejo, Kota Pasuruan menuju titik finish.

Tak hanya untuk bersenang-senang, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengatakan, lomba dayung ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Juga sebagai upaya membangun destinasi wisata bahari di pesisir pantai pelabuhan Kota Pasuruan.

“Selain menjaga tali silaturahmi, lomba ini juga sebagai upaya membangkitkan kembali budaya yang selama ini sudah sirna,” kata Mas Adi dalam sambutannya saat membuka acara.

Baca Juga :   Ayah Perkosa Anak Tiri, hingga Bidan Tidak Boleh Nanya Ada Duit Berapa saat Persalinan | Koran Online 13 Feb

Selain itu, ia berharap lomba dayung tersebut bisa menumbuhkan ekonomi kecil di sekitar Pelabuhan Kota Pasuruan. Apalagi melihat antusias warga yang menonton lomba tersebut cukup banyak, diharapkan bisa menyumbang pemasukan bagi pedagang-pedagang kecil di wilayah sekitar.

“Harapan saya, lomba dayung ini bisa jadi pembangkit dari semangat ekonomi kita sebagai bagian dari kegiatan wisata bahari,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tak melulu soal siapa yang jadi juara, lomba dayung antar nelayan ini juga bertujuan untuk menjaga rasa persatuan, kesatuan serta persaudaraan antar masyarkat, khususnya nelayan.

“Kalah menang dalam lomba adalah nomor kesekian yang penting harmoni warganya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Arif selaku Ketua Panita lomba dayung mengatakan, Pemkot Pasuruan sudah menyiapkan hadiah untuk para pemenang.

Baca Juga :   Koran Online 28 Maret : Kata Menkumham Terkait Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu, hingga “Polisi” Ditangkap saat Santap Hidangan di Hajatan Warga

“Ada hadiah tropi dan uang tunia total Rp7 juta untuk juara 1,2 dan 3 yang sudah disedikan Pemkot Pasuruan,” pungkasnya. (trj/**)