Warga Gading Temukan 3 Arca Kera, Diduga Berumur Ratusan Tahun

1297

Gading (WartaBromo) – Tiga buah patung atau arca berbentuk kera ditemukan warga Desa Kaliacar, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Warga berharap BPCB Jatim turun untuk meneliti artefak yang diduga berusia ratusan tahun itu.

Arca kera tersebut ditemukan Jamal, warga Dusun Bendungan. Ia menyebut arca tersebut ditemukan di lahan Perhutani. Lokasinya sisi selatan Sungai Rondoningu, tak jauh dari rumahnya, saat ia hendak mencari batu sungai untuk pondasi rumahnya.

“Sengaja cari ke seberang sungai di sisi selatannya, karena sungai ini aslinya di sana (sembari menunjukkan lokasi penemuan arca), namun alirannya berpindah ketika ada banjir. Pada saat itulah saya menemukan arca ini,” tuturnya pada Senin, 15 November 2021.

Baca Juga :   10 Formasi CPNS Banjir Pelamar, hingga Misteri Genteng SDN Gentong | Koran Online 13 Nov

Tiga arca itu, kata Jamal, letaknya berbeda dengan jarak sekitar 50 meter. Bahkan ditemukan di hari berbeda pula. Ia juga menyebut penemuan itu, sudah terjadi setahun lalu. Cuma baru hari ini, saya kepikiran untuk melaporkannya ke desa,” tuturnya.

Sebelum dilaporkan ke pihak desa, arca tersebut ia pindah ke depan rumah. Tujuannya agar tidak diambil orang yang tak bertanggungjawab. Juga agar dapat dirawat dan tidak rusak terinjak binatang liar.

“Terserah desa, mau di bawa ke kantor desa ataupun ke museum silakan, yag penting dirawat, karena ini merupakan salah satu kekayaan sejarah kita,” tandas pria berusia 50 tahun itu.

Pemdes Kaliacar akan melaporkan temuan itu ke pihak kecamatan. Agar nantinya diteruskan ke Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan Mojokerto. Termasuk juga dilakukan penelitian di lokasi penemuan.

Baca Juga :   Beras Analog Pencegah Diabetes dan Kanker

“Apa mau dilaporkan dulu ke dinas kebudayaan atau langsung ke BPCB. Yang jelas untuk saat ini pihak desa akan membantu merawat,” sebut Bendahara Desa setempat, Syamsul Arifin. (cho/saw)