Gandheng Renteng #11: Membaca Pasuruan Dalam 51 Karya Seni

1175

Yang terpenting, kata Jek, dengan tema lokalitas ini para seniman setidaknya pernah memikirkan dan memaknai rumah, kampung, kota yang mereka tinggali dengan cara mereka masing-masing.

“Sekalipun mengkritisi, menyanjung, atau bahkan menjatuhkan kotanya sendiri. Tapi setidaknya dia pernah memikirkan kotanya dan membuat karya untuk dipersembahkan,” katanya.

51 karya yang dipamerkan dalam Gandheng Renteng #11 terdiri dari 16 karya drawing, 17 karya lukis, 3 karya fotografi, 2 karya cetak tinggi, 2 karya instalasi, 1 karya eksperimen musik, 1 karya aquascape, 1 karya cukil hardboard, 1 karya rajut, 1 karya grafis, 1 karya drawing performance, 1 karya video art, dan 1 karya media baru.

Jek melanjutkan, ia percaya daerah yang maju pasti beriringan dengan kesenian yang juga maju. Pengunjung yang sempat datang ke pameran Gandheng Renteng #11, kata dia, bisa melihat dua hal yaitu kemajuan kesenian di Kota Pasuruan dan kemajuan Kota Pasuruan sendiri di mata para seniman.

Baca Juga :   Mengerikan, Trailer ini Tabrak Kendaraan dan Gapura Desa Sentul Purwodadi

“Ini aset kesenian bagi Kota Pasuruan. Karya-karya dengan rasa lokalitas yang kuat. Kita tidak bicara bagus tidaknya, tapi ini adalah aset kita dan tidak ternilai harganya,” tutup Jek. (may)