PT Indonesia Power Grati POMU, Satu-satunya Perusahaan Pasuruan Kandidat Emas Proper 2021

2094

Grati (WartaBromo) – Konsentrasi PT Indonesia Power Grati POMU dalam beberapa hari ini terpusat pada persiapan untuk meraih Proper Emas. Ada 84 kandidat perusahaan se Indonesia yang memperebutkan sertifikat bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tahun 2020-2021.

Salah satu dari 84 perusahaan itu, PT Indonesia Power Grati POMU muncul mewakili Kabupaten Pasuruan. PT IP Grati POMU menjadi satu-satunya perusahaan asal Pasuruan yang masuk menjadi kandidat emas.  Penilaian dewan juri akan dilakukan antara 1 sd 7  Desember 2021 mendatang.

“Mohon doanya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan, khususnya kepada Bupati, Wakil Bupati agar IP Grati dapat memperolah proper emas” ujar Buyung Arianto, General Manager PT IP Grati POMU di desa Ranu Klindungan, Grati, Selasa (23/11).

Baca Juga :   PT Indonesia Power Grati POMU Bagi Sembako untuk Masyarakat Sekitar

Proper Emas merupakan bentuk persembahan IP Grati kepada masyarakat Pasuruan. Dalam website Dirjen Kementerian LHK disebutkan ada 84 perusahaan kandidat Emas PROPER 2021.

Hal ini tertuang melalui Keputusan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Nomor SK.69/PPKL/SET/WAS.8/11/2021 Tentang Penetapan Kandidat Emas Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Periode Tahun 2020-2021.

MOTIVASI: Wabup KH Mujib Imron mengapresiasi langkah PT IP Grati POMU dalam mempersiapkan diri sebagai kandidat peraih proper emas tahun ini.

PROPER (Program Penilaian peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan lingkungan) merupakan program tahunan yang dilakukan KLHK untuk menilai peran perusahaan dalam menjaga lingkungan. Status proper di kementerian LHK RI ini ada beberapa tingkatan ; proper hitam, merah, biru, hijau dan yang paling tinggi adalah proper emas.

Proper emas diberikan kepada perusahaan yang telah secara konsisten menunjukan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Baca Juga :   PT Indonesia Power UPJP Perak Grati Latih Warga Pesisir Pasarkan Hasil Laut Berbasis Online

Terpilihnya PT Indonesia Power Grati POMU sebagai kandidat satu-satunya perusahaan di Pasuruan dalam meraih proper emas ini melalaui proses panjang. Sebelumnya, perusahaan pembangkit listrik ini sudah 10 kali mendapatkan proper hijau (beyond compliance).

Salah satu upaya yang dipersiapkan PT IP Grati POMU adalah pengelolaan sampah terpadu di desa Ranuklindungan. Desa yang berdekatan dengan Ranu Grati ini memiliki masyarakat dengan kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan. Utamanya dalam pengelolaan sampah hingga menjadi kompos dan memiliki nilai ekonomis.

“Perlu saya laporkan kepada bapak Wakil Bupati, bahwa awalnya masyarakat sendiri yang bergerak dalam upaya mengelola sampah. Kami dari perusahaan kemudian mensupport, memberikan pendampingan, pendanaan hingga masyarakat mampu menncari terobosan untuk mengelola sampah terpadu menjadi lebih baik,” tegas Buyung di hadapan Wabup KH Mujib Imron.

Baca Juga :   Silaturrahmi Ramadan, PT IP Grati POMU Dikunjungi Direksi Jakarta

“Saya sangat mendukung PT IP Grati POMU dalam pengelolan sampah desa Ranuklindungan. Semoga proper emas dapat diraih untuk Pasuruan Maslahat,” tegas Wabup KH Mujib Imron usai sambutan.

POTENSI GRATI: Buyung juga menunjukkan kepada Wabup tentang hasil-hasil produksi UMKM Grati.

Gus Mujib, panggilan akrabnya mendorong agar pemberdayaan masyarakat (empowering) menjadi kewajiban bersama. Tidak hanya kewajiban pemerintah, melainkan juga dunia usaha atau perusahaan. “Ibu-ibu semangat terus, ya,” ujar Gus Mujib memberi motivasi.