Ini Kebiasaan Buruk yang Bisa Tumbuhkan Panu di Tubuh

665
panu di tubuh

Pasuruan (wartabromo.com) – Kemunculan panu di tubuh memang sering kali tak disadari. Pasalnya, masalah kulit satu ini kerap luput dari perhatian karena gejalanya tak terlalu nampak.

Panu merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit. Tanda-tandanya berupa gatal di beberapa permukaan kulit, kemudian makin lama timbul bercak berwarna coklat, kemerahan hingga putih.

Meski sering dibicarakan dan ditemukan obat penghilangnya, sayangnya tak banyak yang perduli tentang bagaimana panu bisa muncul. Padahal, ada beberapa kebiasaan buruk yang jadi pemicu munculnya panu.

Dilansir dari halodoc.com, ini kebiasaan yang bisa tumbuhkan panu di tubuh:

1. Jarang Mandi

Bagi kaum mager alias malas gerak dan malas mandi sebaiknya paling tidak sehari mandi dua kali. Kenapa? karena ketika kulit dalam keadaan lembab dan keringat masih menempel di tubuh, panu bisa jadi muncul.

Pasalnya, jamur di tubuh bisa menyebar. Tak hanya jarang mandi, “mandi ayam” alias mandi yang tidak bersih juga memicu tumbuhnya panu di tubuh.

2. Malas Ganti Baju

Meski baju tak bernoda maupun tak berbau, sebaiknya biasakan ganti baju paling tidak dua hari sekali. Namun, jika baju yang dikenakan seharian sudah basah oleh keringat dan berbau tak sedap, segera masukkan keranjang kotoran.

Karena kebiasaan malas ganti baju memicu berkembangnya jamur dan mikroorganisme lain penyebab penyakit kulit, termasuk panu. Dan pastikan memilih jenis pakaian dengan jenis kain yang sesuai dengan kondisi cuaca.

3. Sering Memakai Produk yang Mengandung Minyak

Khusus bagi orang yang memiliki kulit cenderung berminyak, sebaiknya hindari produk perawatan tubuh yang mengandung minyak. Sebab, minyak berlebih di permukaan kulit bisa mempercepat tumbuhnya jamur penyebab panu. (trj/may)