Datangkan Alat Berat, Material Longsor di Jalur Bromo Dibersihkan

498
Datangkan Alat Berat, Material Longsor di Jalur Bromo Dibersihkan
Pembersihan material longsor di jalur Bromo. Foto: BPBD Kabupaten Probolinggo untuk WartaBromo.

Sukapura (WartaBromo) – BPBD Kabupaten Probolinggo membersihkan material longsor di jalur wisata Gunung Bromo, Kamis, 25 November 2021. Satu unit alat berat diturunkan agar akses kendaraan lancar.

Satu buldoser dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo dioperasikan di Jurang Perahu, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. “Lokasi ini merupakan titik paling parah dari kejadian tebing longsor pada Rabu kemarin. Kita turunkan alat berat, karena evakuasi secara manual tidak mampu,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat, Sugeng Supri Sayoga.

Selain melibatkan alat berat, evakuasi material longsor juga didukung TRC BPBD. Mereka dibantu personel dari TNI Polri, relawan, pelaku wisata dan warga sekitar, membersihkan sisa-sisa material yang belum tuntas dievakuasi.

“Hari ini dilakukan pembersihan. Paling tidak warga yang akan beraktivitas ataupun wisatawan yang akan ke Seruni Point dan sekitarnya bisa melintas dengan tenang,” lanjutnya.

Pasca longsor kemarin, petugas juga membersihkan material longsor. Namun, fokus pada upaya membuka akses transportasi. Apalagi longsor terjadi di 10 titik sepanjang jalur Desa Sapikerep hingga Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Berdasarkan citra satelit, intensitas hujan tinggi terjadi selama sepekan ke depan. Kondisi itu, dikhawatirkan menyebabkan tanah longsor.

“Mudah-mudahan tidak terjadi longsor kembali. Kami berharap tetap waspada, kemudian yang berada di darah aliran sungai juga tetap berhati-hati, mau hujan ya langsung pulang ke rumah,” tandas Sugeng. (lai/saw)