Tak Cuma Kepo, Ini Tanda-Tanda Anak Cerdas Sejak Lahir

828

Pasuruan (wartabromo.com) – Kecerdasan seorang anak tidak hanya tampak pada saat berprestasi di bangku sekolah. Melainkan sudah bisa diketahui dari tanda-tanda perilakunya sejak kecil.

Sayangnya, masih sedikit orang tua yang tak jeli memperhatikan hal tersebut, sehingga tidak sadar bahwa anaknya memiliki kelebihan yang potensial. Nah, untuk itu sedini mungkin mulai ketahui tanda-tanda anak cerdas sejak lahir.

Dinukil dari beberapa sumber, berikut tanda-tandanya:

1. Memiliki Fokus yang Baik

Tanda anak yang cerdas sejak lahir adalah memiliki fokus yang baik. Maksudnya, ketika masih bayi, si anak akan cepat merespon arah datangnya suara dan mampu melakukan kontak mata dengan apa yang ada di depannya.

Baca Juga :   Cara Mengarahkan Anak Untuk Memilih Teman yang Baik

Berbeda dengan bayi pada umumnya yang hanya fokus pada satu hal dan membutuhkan waktu untuk menyadari apa yang ada di sekitarnya. Ini disebabkan karena bayi masih cenderung fokus pada benda yang ada di genggamannya.

2. Suka Menyendiri dan Suka Bermain dengan Orang yang Lebih Tua

Apabila sejak kecil anak lebih suka bermain sendiri, jangan dipaksa untuk berbaur dengan teman-temannya. Kenapa? Karena ini merupakan salah satu tanda anak tersebut punya otak yang cerdas.

Hal ini sangat berguna demi stimulasi emosional dan intelektual yang sedikit lebih maju. Sehingga, si anak mampu menghibur dirinya sendiri. Nah, untuk melatih sosialisasi yang baik, sebaiknya ajarkan secara perlahan dan jangan memaksa.

Baca Juga :   Ditemani Badut, Ratusan Anak Usia 6-11 di Kota Pasuruan Vaksinasi Covid-19

3. Kepo

Kepo alias selalu ingin tahu adalah salah satu perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang punya rasa penasaran tinggi. Apabila perilaku ini dimiliki seorang anak, maka anak tersebut berpotensi punya otak cerdas.

Nah, seiring bertambahnya usia, si anak akan memberikan sederet pertanyaan dari yang paling sederhana hingga sulit untuk dijawab. Sebagai orangtua, harus menjawabnya dengan benar.

Untuk menunjang rasa ingin tahunya, bisa juga dengan menyediakan buku-buku yang sesuai dengan usia si anak. Pastikan juga untuk selalu mendampingi mereka saat bermain dan belajar. (trj/may)