Pemkot Pasuruan Kirim Bantuan ke Lumajang

1291

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan mengirimkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Sejumlah tim dan bantuan logistik diberangkatkan.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, ada enam tim dari BPBD Kota Pasuruan yang masing-masing berisi enam personel dikerahkan sejak hari Minggu (05/12/2021).

“Dua tim berangkat dari jalur Dampit, Malang; serta satu lagi tim bergabung lewat jalur Probolinggo-Lumajang,” kata Gus Ipul, Rabu (07/12/2021).

Tak hanya personel, pemkot juga mengirimkan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) besar dengan kapasitas 5.000 liter air.

Mobil damkar tersebut nantinya diharapkan mampu membantu membersihkan jalanan dari debu dan pasir akibat erupsi Semeru.

Baca Juga :   Ketika Anak-anak "Dipaksa" Nikah

Selain itu, pemkot juga mengirimkan bantuan logistik seperti terpal, makanan siap saji, obat-obatan, tenda, selimut, makanan bayi, beras serta logistik lainnya.

“Kemarin memang sejak dengar ada letusan langsung saya perintahkan untuk mengirim bantuan ke saudara-saudara kita,” imbuh Gus Ipul.

Seperti diketahui, letusan Gunung Semeru yang terjadi kemarin, Sabtu (04/12/2021) mengakibatkan puluhan ribu warga mengungsi. Tak hanya itu, belasan warga meninggal dan puluhan luka-luka.

Salah satu lokasi terparah yang terdampak yakni Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Di lokasi tersebut rumah-rumah warga serta beberapa kendaraan tertimbun abu vulkanik. (tof/**)