Petugas Terjunkan Anjing Pelacak, Bantu Cari Korban Erupsi Semeru

718

Candipuro (WartaBromo.com) – Tim evakuasi terus melakukan pencarian korban erupsi Semeru. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menerjunkan 4 anjing pelacak.

AKBP Savid Subagyo Kasubdid Gasum Dirsamapta Polda Jatim mengatakan, di hari ke empat pasca erupsi Semeru, pencarian masih dilakukan oleh petugas gabungan dan relawan. Proses pencarian ini sampai setidaknya Minggu depan. 

“Kita saat ini masih difokuskan pencarian di daeran Curah Gobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo,” ujarnya pada Rabu (8/12/2021).

Sebanyak 170 personel yang diterjunkan untuk pencarian hari ini. Kemudian ada anjing pelacak K9 untuk membantu proses mencari.

“Total ada 4 ekor anjing pelacak agar pencarian lebih mudah karena anjing ini sangat peka terhadap bau busuk ,” jelasnya.

Baca Juga :   Koran Online 14 Mei : Walikota Pasuruan Divonis 6 Tahun Penjara, hingga Baliho Ucapan Prabowo Menang Sebagai Presiden Muncul di Pasuruan

Fokus kali ini masih mencari korban erupsi Semeru. Setelah selesai, petugas juga akan membantu melakukan evakuasi barang berharga korban yang masih bisa diselamatkan.

“Karena masih banyak harta benda yang juga tertimbun luapan abu vulkanik erupsi Semeru,” tegas David.

Untuk diketahui, BNPB menetapkan 14 hari sebagai waktu tanggap bencana ini. Kebijakan ini bisa diperpanjang, sesuai dengan aktivitas Semeru. (lai/may/ono)