RSUD Bangil Ikuti Pameran Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021

1144

Bangil (WartaBromo.com) – Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat adalah sebuah keniscayaan. Kualitas pelayanan juga seringkali membutuhkan inovasi, improvisasi dan persepsi publik. Hal ini berlaku untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Tidak terkecuali RSUD Bangil.

Sebagai institusi pelayanan kepada masyarakat, RSUD Bangil terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan baru. Hal ini agar kepercayaan masyarakat kepada RSUD Bangil terus meningkat.

Nah, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, RSUD Bangil mengikuti pameran Pelayanan Publik Jawa Timur pada tahun 2021. Pameran ini diinisiasi Pemerintah Provinsi Jatim pada 18-20 November 2021 di Grand City Surabaya. Pameran dibuka oleh MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo.     

“Kami menampilkan inovasi pelayanan RSUD Bangil dan RSUD Grati. Alhamdulillah, banyak respons positif dari masyarakat Jawa Timur yang mengunjungi stand kami,” ujar dr Arma Roosalina, Direktur RSUD Bangil kepada Warta Bromo, kemarin.

PERHATIAN: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi stand pameran RSUD Bangil dan Grati.

Stand pameran milik RSUD Bangil dan Grati ini cukup ramai dikunjungi orang. Ini karena, petugas RSUD menggunakan pengeras suara, sehingga menarik minat pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan pelayanan gratis berupa pijak moksa, terapi akupuntur dan hipnotherapy.

Baca Juga :   Kewalahan Tangani Covid-19, IGD RSUD Bangil Pakai Sistem Buka Tutup

“Wah, heboh sekali stand kita,” terangnya sambil tersenyum.

Stand pameran RSUD Bangil dan Grati juga sempat dikunjungi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Lantas, apa saja inovasi yang menarik yang disuguhkan RSUD Bangil dalam pameran tersebut?

RSUD Bangil mempublikasikan beberapa layanan unggulan yang menjadi andalan untuk ditampilkan pada kegiatan pameran tersebut. Diantaranya:

  1. BEST (Bangil Emergency Service Team). Ini merupakan pelayanan unggulan RSUD Bangil yang siap memberikan pelayanan respons cepat keadaan gawat darurat medis pada kondisi kesakitan di rumah yang butuh penanganan segera, kecelakaan lalu lintas/cidera lain. Dan penanganan pada ibu hamil dengan kompikasi gawat darurat. Dan ini juga terkait dengan program JELITA (Jemput Layani dan Tangani) untuk ibu yang akan melahirkan.
  2. Intalasi Hemodialisis. Salah satu instalasi unggulan di RSUD Bangil yang memberikan fasilitas bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya untuk bisa melakukan kegiatan cuci darah dengan mudah, cepat, dan aman tanpa harus pergi ke luar kota. Instalasi hemodialisis telah dilengkapi dengan 36 mesin cuci darah.
  3. Pelayanan Kesehatan Tradisional. Merupakan pelayanan yang disediakan oleh poli komplementer RSUD Bangil. Pelayanan kesehatan yang ditawarkan diantaranya Akupuntur, Akupresuer, Hypnoterapi, dan Bioenergi.
  4. COM (Pemulasaran Jenazah Covid-19 Otomatis). Merupakan pelayanan unggulan yang ditujukan bagi pasien Covid-19 dan pasien dengan penyakit infeksi untuk menjaga keamanan dan keselamatan petugas dan keluarga dalam pelaksanaan proses pemulasaraan jenazah khususnya dalam proses memandikan yang sudah menggunkan mesin otomatis dalam pemandian jenazah.
  5. BOPIC (Bangil Orthopedi and Pain Intervention Clinic). BOPIC adalah layanan inovasi khusus untuk mengatasi nyeri dengan menggunakan berbagai peralatan canggih.
  6. ELADALAH (Edukasi, Layanan Ingatkan Kontrol, Daring Masalah Kesehatan Sebelum Kontrol, Layanan Bantu Daftar Kontrol, dan Hotline untuk Keadaan Emergency). Merupakan inovasi pelayanan keperawatan dengan menggunakan system CRM (Customer Relationship Management) Pelayanan ini dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara petugas dengan pasien dengan cara memperhatikan kondisi pasien dan mengingatkan jadwal berobat. CRM terdiri dari: a. CRM Survey b. CRM Sapa c. CRM Kontrol
  7. LOSDOL (Langsung Orang Siap Duduk di Depan Poli). Pelayanan yang dilakukan untuk mempermudah pasien melakukan ppemeriksaan dan pengobatan dengan cara mendaftar secara online dan pasien bisa langsung datang ke poli.
  8. PROLIMAS (Program Peduli Masyarakat). Adalah program unggulan dan inovasi RSUD Bangil yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sekali klik. Caranya cukup download aplikasi RSUD Bangil Emergency (Panic Button) di playstore. Panic button adalah panggilan gawat darurat berbasis android yang langsung terhubung dengan call center (0343) 6435 5990/6435 999.
Baca Juga :   Lawan Corona, AW Bantu Hazmat dan 1000 Masker Untuk RSUD

Aplikasi ini digunakan untuk membantu user melaporkan keadaan darurat yang terjadi. Kebijakan Layanan & Privasi Layanan ini membutuhkan Posisi lokasi dan nomer telpon anda ketika anda menggunakan fitur emergency pada aplikasi ini.