Tiga Ribu Warga Kabupaten Probolinggo Miskin Ekstrem

739

Probolinggo (WartaBromo) – Sebanyak 3.762 warga Kabupaten Probolinggo masuk dalam kategori miskin ekstrem. Sejumlah program bantuan digelontorkan agar mampu mengentasnya.

Tiga ribuan warga miskin ekstrem tersebut tersebar di 25 desa di 5 kecamatan. Area sebaran itu, dijadikan proyek percontohan (Pilot project) program penanganan kemiskinan ekstrem oleh pemerintah daerah setempat. Jumlah 3.762 itu, turun 200 dibanding data awal sebanyak 3.962 KK.

“Agar program ini tepat sasaran maka kami terlebih dahulu melakukan proses verifikasi. Hasilnya ternyata ada 200 warga yang tidak layak disebut miskin ekstrem, karena telah meninggal atau mampu secara ekonomi,” kata Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada Rabu, 15 Desember 2021.

Baca Juga :   Mencari Kerang di Pantai, Ngabuburit Seru ala Warga Randutatah

Sejumlah program digelontorkan untuk mengentas warga miskin ekstrem tersebut. Di antaranya masuk daftar penerima Program Keluraga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sebagian juga mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

“Apa yang bisa kami lakukan, langsung kami lakukan. Seperti rehab rumah. Kami masukkan program RTLH tahun ini. Kami juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat, seperti apa penanganan berikutnya,” ujarnya.

Tahun ini, ada 425 unit RLTH di Kabupaten Probolinggo masuk program rehabilitasi. Dari angka itu, ada 210 rumah warga yang pemiliknya masuk kategori miskin ekstrem. Di antaranya rumah Nurdin dan Sa’i di Dusun Kapasan Lor, Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas yang menerima program rehabilitasi RTLH dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga :   Dibebaskan, Kuli Bangunan asal Kedopok juga Dihadiahi HP

“Terimakasih, sudah dibantu. Rumah saya dibangun oleh pemerintah,” katanya waktu dikunjungi Plt Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko beberapa waktu lalu. (cho/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.