Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Diganti Apa?

1414

Jakarta (WartaBromo.com) – Pemerintah bakal menghentikan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan pertalite. Dua bahan bakar ini bakal digantikan dengan BBM ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan Pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih dikutip dari Antara.

Meski begitu, sekarang pemerintah masih menyusun road map bahan bakar minyak ramah lingkungan. Pertalite ini hanya sebagai bbm transisi, sebelum akhirnya digantikan dengan bbm yang ramah lingkungan.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” lanjutnya.

Baca Juga :   Menjadi Binaan Pertamina, UMKM Ini Naik Kelas Secara Progresif dan Omzetnya Berkali Lipat

Saat ini pengguna premium di dunia hanya tujuh negara saja. Volumenya pun sangat kecil karena tidak ramah lingkungan.

Perubahan premium ke pertalite ini nantinya bisa menurunkan kadar emisi karbon dioksinya sebanyak 14%. Sementara dari pertalite ke pertamax, kadar emisi CO2 bakal turun 27%.  (may/ono)