Penting! Ini Cara Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar

504
telinga

Pasuruan (wartabromo.com) – Apabila kesehatan telinga tidak dijaga dengan baik, maka berbagai masalah buruk rawan terjadi. Misalnya terkena peradangan, telinga sering berdenging hingga gendang telinga pecah.

Persoalan menjaga kebersihan telinga pun tak sekadar dibersihkan saja, melainkan harus dilakukan pemeriksaan rutin. Nah, dilansir dari halodoc, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga.

Apa saja?

1. Bersihkan Telinga dengan Benar

Cara menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah dengan membersihkan telinga dengan benar. Bagaimana? yakni dengan membersihkan daun telinganya saja dan lubang bagian luar.

Jangan membersihkan terlalu dalam karena bisa membuat kotoran telinga semakin masuk. Pasalnya, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran berlebih.

2. Hindari Mendengarkan Suara Keras

Bagi yang suka mendengarkan musik dengan headset, sebisa mungkin hindari volume yang terlalu keras. Kenapa? karena jika terlalu lama mendengarkan suara keras, maka bisa membuat kepekaan telinga berkurang.

Bahkan, efek buruk lainnya bisa membuat telinga tuli. Nah, apabila terpaksa berada di ruangan yang terlalu bising atau terpaksa mendengarkan volume keras, maka gunakan pelindung telinga khusus.

3. Rutin Periksa ke Dokter

Semakin bertambahnya usia, pendengaran seseorang juga semakin berkurang. Maka, untuk menjaga kesehatan telinga usahakan untuk memeriksakan telinga ke dokter THT, jangan dokter umum biasa.

Anjuran periksa telinga ke dokter THT yakni 6 bulan sekali. Rutinkan supaya pendengaran tak terganggu ya! (trj/may)