Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Dipercaya Banyak Orang

7433

Pasuruan (wartabromo) – Bunga Wijaya Kusuma begitu digemari masyarakat karena keunikannya. Bunga satu ini adalah bisa mekar di tengah malam-malam tertentu.

Tapi, siapa sangka di balik keunikannya, ternyata bunga yang juga dijuluki Ratu Malam tersebut dikaitkan dengan mitos-mitos gaib. Apakah Bolo penasaran dengan apa saja mitosnya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini mitos-mitos bunga Wijaya Kusuma yang dipercaya:

1. Tanaman Kesukaan Ratu Pantai Selatan

Bagi yang tinggal di pulau Jawa pasti tidak asing mendengar cerita tentang Ratu Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul. Sosoknya kerap kali digambarkan dengan keelokan paras dan kekuatan gaibnya dalam menjaga laut di Pulau Jawa.

Nah, mitosnya Ratu Pantai Selatan sangat senang dengan tanaman Wijaya Kusuma ini. Asumsi ini muncul lantaran kepercayaan masyarakat Jawa yang menganggap bunga ini diciptakan khusus untuk sesajen si penguasa Pantai Selatan tersebut.

Baca Juga :   Mengenal Mitos Kejatuhan Cicak

2. Bisa Mengangkat Derajat Seseorang

Mitos lain mengatakan, bunga unik yang tulang daunnya menyerupai kerangka ikan ini bisa mengangkat derajat seseorang yang memeliharanya. Pasalnya, bunga Wijaya Kusuma dipercaya tak bisa sembarangan hidup di pekarangan rumah.

Entah dipercaya atau tidak, bunga satu ini memang tidak bisa tumbuh disembarang tempat. Serta, membutukan perawatan khusus agar bunganya bisa mekar sempurna di malam hari tertentu.

3. Dapat Mendatangkan Rejeki

Nama Wijaya Kusuma yang diberikan pada bunga satu ini membuat banyak orang percaya, jika memeliharanya bisa dilimpahkan rejeki. Sebagaimana kata orang jawa, “Wijaya” berarti kemenangan sedangkan “Kusuma” bermakna tegak.

Maka dari itu, sampai saat ini orang percaya bahwa yang melihat bunga Wijaya Kusuma mekar di malam hari, maka orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan yang berlimpah bak seorang bangsawan. (trj/may)