Pria Penendang Sesajen di Semeru Dilaporkan ke Polda Jatim

632
Tangkapan layar pelaku sesaat sebelum menendang sesaji.

Surabaya (WartaBromo.com) – Organisasi umat Hindu melaporkan pria yang menendang sesajen di lokasi bencana erupsi Semeru pada Senin (10/1/2022). Perbuatan ini dinilai menodai umat Hindu dan budayawan.

I Ketut Swardana, Wakil Ketua Bidang Hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim melaporkan peristiwa ini ke Polda Jatim. “Bahwa umat Hindu dan mungkin warga Lumajang yang mungkin sudah sangat toleran dan berdampingan secara bersama-sama di sana,” katanya dilansir dari ofisial Humas Polri.

Ia kemudian meminta polisi mencari pelaku. Sebab membuang dan menendang sesajen ini sangat menodai dan menyakiti umat Hindu, juga budayawan.

“Perlu dicari motivasinya apa oknum tersebut. Selain membuang, itu kita khawatir ada motivasi adu domba antar umat beragama terutama,” lanjut Ketut.

Pihaknya saat ini meredam umat Hindu, supaya tidak menyikapi kejadian ini secara berlebihan. Maka dari itu, Ia meminta Polda supaya cepat mengungkap kasus ini.

“Sampai hari ini, umat Hindu dan Budayawan Nusantara sudah merasakan kesedihan tetapi sudah bisa menahan diri. Harapan kami, bapak Kapoda beserta jajarannya bisa menemukan oknum tersebut dan mencari apa motivasinya. Itu yang paling penting, kalau perilakunya itu tidak terlalu berat, tapi motivasinya mengadu domba umat beragama itu yang paling penting,” tandasnya. (may/ono)