Tips Aman Naik Gunung, Pemula Harus Simak!

726

Pasuruan (wartabromo.com) – Hiking atau mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari kaum muda. Sebab, kegiatan satu ini bisa meredakan setres dan membuat diri lebih bisa menyatu dengan alam.

Dibutuhkan keahlian, kekuatan dan tekad sungguh-sungguh untuk sampai di puncak. Dan tentunya harus siap melewati berbagai rintangan saat proses pendakian. Nah, hal semacam ini harus diketahui pemula yang ingin mencoba.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar aman saat mendaki gunung? Dilansir dari detik.com, berikut tipsnya:

1. Bulatkan Tekad

Dalam melakukan apapun tekad jadi hal penting untuk mendorong diri mencapai kesuksesan, demikian pula saat hendak naik gunung. Susun niat dan tekad kuat untuk mendaki sampai ke puncak.

Jangan sampai ketika sampai di lokasi malah mengurungkan niat karena takut. Atau saat perjalanan ke puncak ingin turun karena beberapa hal yang melintas dipikiran. Ketahui, pendaki ulung adalah mereka yang tak pernah menyerah sebelum berhasil sampai puncak.

2. Pilih Gunung yang Tidak Terlalu Tinggi

Khusus pemula, tips agar aman hiking adalah dengan mencoba dengan mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Untuk bisa menentukannya, bisa sharing dengan teman atau orang-orang yang sudah berpengalaman.

Salah satu gunung yang direkomendasikan adalah Gunung Andong yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki pemandangan yang masih alami dan ketinggiannya hanya 1726 meter di atas permukaan laut.

3. Gunakan Pakaian dan Atribut Khusus

Saat hendak mendaki gunung, jangan disamakan dengan pergi tamasya ke tempat biasa. Gunakan pakaian dan atribut khusus untuk menjaga keselamatan diri, seperti sepatu, jaket, tongkat dan lain sebagainya.

Nah, bagi Bolo warmo yang ingin coba naik gunung, sebaiknya gunakan atribut khsusus dari brand Eiger di sini. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman digunakan, ya! (trj/may)