Puting Beliung Sapu Tiga Desa di Kecamatan Besuk, Ada Korban

3957
Salah satu rumah warga di Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo yang porak poranda usai diterjang angin puting beliung, Jumat (14/1/2022). Foto: Sundari Adi Wardana.

Besuk (WartaBromo.com) – Tiga desa di Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo dilanda puting beliung pada Jumat (14/1/2022). Seorang warga dilaporkan terluka hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.15. Saat itu, wilayah Besuk dilanda hujan lebat dengan petir menyambar. Hujan itu, juga dibarengi dengan tiupan angin kencang.

“Langit terlihat gelap sekali, kemudian hujan deras. Kami ketakutan, hujan petir juga angin kencang campur baur. Lak-palak taon (puting beliung, Bahasa Madura), kata orang sini melanda,” kata Ahmad, warga Desa Jambangan.

Camat Besuk, Puja Kurniawan mengatakan, ada 3 desa yang melaporkan adanya puting beliung. Yakni Desa Jambangan, Desa Kecik dan Desa Klampokan.

Baca Juga :   Kabupaten Probolinggo Turun ke PPKM Level 2

Tiga desa ini, saling bertetangga. Sejumlah rumah warga di tiga desa itu, dilaporkan alami kerusakan. Bahkan ada yang dilaporkan rata dengan tanah.

Pohon tumbang juga terpantau di sejumlah ruas jalan. Pun begitu dengan tiang listrik juga bertumbangan di Desa Jambangan. “Masih direkap mas, sama perangkat Desa Kecik, Jambangan dan Klampokan,” ucap ia terkait kerusakan.

Seorang warga Desa Kecil dilaporkan alami luka-luka usai tertimpa material rumahnya. Belum diketahui nama korban yang kini dilarikan ke RSU Rizani Paiton itu. “Infonya ada 1 orang dari kecik. Info dari babinsa. Sudah dibawa ke rumah sakit,” tutur ia. (saw/asd)