Keistimewaan Bulan Rajab, Umat Islam Harus Tahu!

736

Pasuruan (wartabromo.com) – Bulan Rajab jatuh pada, Kamis (3/2/2022). Bulan ini diyakini umat Islam sebagai bulan penuh berkah, istimewa dan sakral.

Dianggap istimewa karena di bulan ini terdapat peristiwa penting dalam sejarah Islam, yakni untuk pertama kalinya Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menegakkan salat 5 waktu.

Tak cuma itu, dilansir dari detik.com ada keistimewaan lain pada bulan Rajab. Apa saja?

Simak, yuk!

1. Salah Satu Bulan Suci

Rajab adalah satu dari empat bulan suci, selain Muharram, Zulkaidah, dan Zulhijah. Dalam bulan ini diharamkan melakukan pertempuran. Dan umat Islam diharamkan berbuat maksiat.

Rajab juga merupakan bulan yang diagungkan karena kedatangannya sebagai tanda bulan Ramadan sudah dekat. Oleh karenanya, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri, meletakkan dasar-dasar kebiasaan yang baik dan membuat rencana tindakan untuk bulan yang penuh berkah.

Baca Juga :   Dahsyatnya Kekuatan Iman

Sebagaimana Imam Abu Bakar al-Warraq al-Balkhi, paman Imam Tirmidzi, berkata, “Bulan Rajab adalah bulan menanam (benihmu), Sya’ban adalah bulan mengairi / menyiram. (mereka), dan Ramadan adalah bulan memanen hasilnya”.

2. Lahirnya Ali bin Abi Thalib

Sosok Ali bin Abi Thalib pasti tak asing dikenal umat Islam. Ia adalah sepupu, menantu sekaligus sahabat nabi Muhammad SAW. Dalam kitab sejarah Islam disebutkan Ali bin Thalib lahir pada 13 Rajab, sekitar tahun 600 M, di Mekah.

Ali bin Abi Thalib juga merupakan khalifah ke keempat sepeninggal Nabi yang perjuangannya tidak main-main, Dalam masa kekhalifahannya, Ali bin Abi Thalib berhasil memenangkan perang Badar bersama pasukan lain.

3. Bulan dengan Banyak Nikmat

Keistimewaan lain dari bulan Rajab adalah dianggap sebagai bulan dengan banyak nikmat atau biasa disebut ‘Rajab al-Asabb’. Rajab juga dikenal sebagai Bulan Tawbah (pertobatan) dan Bulan Istighfar (memohon ampun). (trj/may)