Minyak Goreng Langka, Pedagang Gorengan Kelimpungan

936

Probolinggo (WartaBromo) – Minyak goreng kini menjadi barang langka di Probolinggo. Pedagang gorengan dan lalapan pun menjerit.

Seperti yang dituturkan oleh Candra Gunawan, penjual gorengan di Kecamatan Maron. Ia menyebut minyak goreng sudah menghilang dari pasaran sejak 6 hari yang lalu. Baik di Pasar Maron maupun toko kelontong di pedesaan.

“Bukan hanya minyak goreng yang kemasan, minyak goreng curah sekalipun juga kosong,” tuturnya.

Setiap berjualan, setidaknya ia membutuhkan 4 liter minyak goreng. Agar tetap berjualan ayam goreng (fried chicken), ia bahkan mencari minyak goreng ke kecamatan lain. Seperti Kecamatan Kraksaan dan Besuk, tapi hasilnya juga nihil. Ia pun menggunakan minyak bekas pakai dari penggorengan sebelumnya.

Baca Juga :   Koran Online 25 April : Rombongan TK Kecelakaan di Purwodadi, hingga Prabowo Menang di Pemungutan Suara Lanjutan

“Sudah sempat tadi cari juga ke Pasar Klenang, Banyuanyar, tapi tidak ada juga. Terpaksa minyak goreng yang kemarin saya pakai lagi untuk jualan hari ini,” ucap pria asal Desa Maron Wetan itu, melalui sambungan selulernya.

Keluhan serupa juga dilontarkan Rosikin, penjual gorengan di Desa Jambangan, Kecamatan Besuk. Ia mengaku sudah berkeliling mencari minyak goreng se kecamatan Besuk hingga ke Pasar Semampir Kraksaan, namun ia juga tidak mendapati ada stok minyak goreng.

“Kosong, usaha tidak jalan kalau keadaannya seperti ini,” ucapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, M. Natsir menyebut, pihaknya tak mengetahui secara pasti penyebab kelangkaan itu. Minyak goreng menghilang dipasaran, bukan hanya terjadi di Kabupaten Probolinggo melainkan di seluruh Indonesia. Disperindag akan menampung jika ada pelaku usaha yang akan melakukan pemesanan minyak goreng.

Baca Juga :   Jebol Lagi, Pelat Deker di Sentong Ditanami Pohon

“Yang tahu sebabnya itu pusat. Tapi kalau mau silakan daftar memalui koordinator pasar atau gabung dengan UMKM,” katanya tanpa solusi bagi pelaku usaha. (cho/saw)