Yahhh… Karyawan Urung Libur Saat Coblosan Pilkades

656

Kraksaan (WartaBromo) – Pemkab Probolinggo mengurungkan rencana menjadikan hari pencoblosan Pilkades sebagai hari libur daerah. Meski begitu, karyawan di instansi pemerintah dan swasta mendapat dispensasi.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan, memang mewacanakan menjadikan hari pencoblosan sebagai hari libur daerah. Agar partisipasi warga pada pesta demokrasi desa itu, tinggi. Namun, opsi sesuai rekomendasi Forkopimda itu, tidak diambil.

Pasalnya, Pemkab Probolinggo tidak menginginkan pelayanan kepada masyarakat terganggu. Utamanya pelayanan di organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas, rumah sakit dan pelayanan lainnya.

“Saat pemungutan suara Pilkades serentak memang tidak diliburkan agar tidak mengganggu pelayanan. Masyarakat yang sedang bekerja akan diberikan dispensasi, supaya bisa menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing,” ucap Ketua Panlih tingkat kabupaten itu, pada Rabu, 16 Februari 2022.

Baca Juga :   Tak Lolos, Bacakades Bulu Layangkan Aduan ke Dewan

Untuk itu, Pemkab Probolinggo mengirim permintaan dispensasi kepada sejumlah instansi pemerintah, BUMN/BUMD dan perusahaan swasta. Juga kepada kepala daerah tetangga Kabupaten Probolinggo. Lewat surat bernomor 420/117/426.114/2022 tanggal 15 Pebruari 2022 yang ditandatangani Sekdakab Probolinggo, Soeparwiyono.

“Agar memberikan kesempatan kepada karyawan-karyawatinya yang mempunyai hak pilih untuk menggunakan suaranya di TPS masing-masing. Harapannya dengan pemberian dispensasi ini partisipasi pemilih tinggi,” kata Kepala Bidang Penataan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Nur Rachmad Sholeh.

Berkaitan dengan itu, Diva Swalayan Kraksaan bakal memaksimalkan sistem shift yang selama ini berlaku. Rudi Rizaldi, personilia Diva Swalayan menyebut sudah melakukan pendataan karyawan yang di desanya menyelenggarakan Pilkades. “Kita sudah ada database, setidaknya yang ada Pilkades-nya masuk siang. Nanti kita atur shift-nya (pergantian),” sebutnya.

Baca Juga :   Gagal Ketemu Kekasih, Pemuda Probolinggo Cari Perhatian dengan Naik Tower

Diva, kata Rudi, mulai membuka layanan toko pada 08.15 WIB. Karyawan yang desanya tidak menyelenggarakan Pilkades bakal ditugaskan shift pagi-siang. Sementara karyawan yang ada Pilkades, akan ditugaskan pada shift siang-malam.

“Kalau nanti ada yang masuk pagi, kita beri kesempatan mereka untuk mencoblos terlebih dahulu. Kita berikan dispensasi. Kita dukung upaya pemerintah, tetapi layanan juga tetap berjalan,” tandas mantan penyiar radio itu.

Sementara itu, SPV Umum dan CSR PT. PJB UP Paiton, Sukirman Hadi Prayitno mengatakan, PLTU Paiton mendukung upaya pemerintah daerah dalam menyukseskan gelaran pesta demokrasi desa. Sama hal, ketika gelaran Pileg, Pilpres dan Pilkada.

“Biasanya karyawan yang mau ikut nyoblos, kita beri ijin pulang,” tulis ia melalui pesan singkat.
Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Probolinggo akan digelar di 250 desa pada Kamis, 17 Pebruari 2022. Sebanyak 723.046 warga tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka dijadwalkan menggunakan hak pilihnya di 1.847 tempat pemungutan suara (TPS). (saw/saw)