Ketua dan Sekretaris APDESI Jatim Tumbang di Pilkades Probolinggo

4696

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pilkades serentak Kabupaten Probolinggo memakan korban. Dua petinggi DPD APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Jawa Timur tumbang di kandangnya.

Keduanya yakni Rekso Ijoyo selaku Ketua DPD APDESI Jatim dan Bukhori yang menjabat sekretaris. Rekso Ijoyo yang merupakan mantan Kepala Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo yang maju untuk periode ketiga.

Sebagai petahana, Rekso ditantang oleh 2 musuh, yakni Tri Hutadi Kusbiantoro dan Hairudin.
Dalam gelaran Pilkades pada 17 Februari 2022, dengan nomor urut 2, Rekso hanya mampu meraup suara 548. Ia ditumbangkan oleh Tri Hutadi, nomor urut 1, yang mampu mendulang 872 suara. Sedang Hairudin dengan nomor urut 3, memperoleh 355 suara.

Baca Juga :   Coba Berdamai, Transportasi Tradisional dan Online di Kota Probolinggo Bikin Aturan Tertulis

Setali dengan Rekso, Bukhori yang mencoba memimpin Desa/Kecamatan Dringu untuk kedua kalinya, juga tumbang. Di desa langganan banjir itu, ada 4 calon kepala desa (cakades), yakni Suhendra (1), Kuryadi (2), Dimas Bayu (3), dan Bukhori (4). Adapun distribusi suara untuk Suhendra 5 suara, Kuryadi 1862 suara, Dimas 6 suara, dan Bukhori 759 suara.

Data perolehan suara itu, berdasarkan hitung cepat relawan Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Probolinggo. “Kami menjamin data yang masuk akurasi 97 persen. Namun, hasil akhir menunggu pengumuman panitia pemilihan kabupaten,” kata Ugas Irwanto, Kepala Bakesbangpol. (saw/ono)