Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Wiper Kaca Mobil!

683

Pasuruan (wartabromo.com) –  Para pemilik mobil pasti sering kebingungan menentukan wiper kaca mobil. Pasalnya, ada banyak jenis wiper kaca mobil yang dijual di toko.

Wiper kaca mobil adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan kaca dari embun dan air yang menghalangi pandangan pengemudi. Alat ini merupakan komponen penting bagi pengemudi yang memiliki mobil.

Nah, untuk memlih wiper kaca mobil pun tak boleh sembarangan. Mengapa? karena dinukil dari beberapa sumber, wiper kaca mobil ada banyak jenis sesuai dengan fungsinya.

Lantas, apa saja jenis-jenis wiper kaca mobil?

1. Wiper Full Frame

Wiper kaca mobil satu ini sering dilihat di mobil keluarga yang dipakai sehari-hari. Daya tahannya lebih kuat karena mempunyai gagang besi yang kokoh. Mengingat akan hal tersebut, tidak heran jika banyak yang menggunakan wiper jenis ini.

Baca Juga :   Yuk Ketahui Efek Bore Up Motor Matic

Adanya gagang besi wiper yang kokoh dapat membantu wiper saat membersihkan kotoran yang terdapat di dalam kaca. Namun demikian, gagang ini juga dapat membahayakan kaca depan mobil saat karet wiper sudah mulai menipis.

2. Wiper Flat-Blade

Jenis wiper yang satu ini bisa dibilang cukup simple dan ringan. Pasalnya, penyangga dari wiper flat-blade hanya didukung penyangga kecil pada bagian tengahnya.

Kelebihan dari jenis wiper kaca mobil ini adalah lebih ringan, sebab desainnya sederhana. Selain itu, desain flat bade mengikuti bentuk kaca, jadi sapuannya pun lebih maksimal.

3. Wiper Konvensional

Wiper jenis konvensional sering ditemui pada keluaran mobil lama yang masih digunakan saat ini. Meski demikian, bagi yang sedang mencari wiper ini bukan hal yang sulit.

Baca Juga :   Jangan Sampai Salah! Ketahui Perbedaan Air Aki Bertutup Botol Merah dan Biru

Selain ketiga jenis di atas masih banyak jenis wiper kaca mobil lain. Seperti wiper jenis refill, wiper frameless, dan wiper Hibrida. Tentu semua memiliki fungsinya masing-masing sehingga pemilik mobil harus menyesuaikan kegunaannya sebelum membeli. (trj/may)