Berikut Daftar Desa yang Terendam Banjir Luapan Kali Welang

1277
Banjir akibat luapan Kali Welang yang menggenangi Jalan Raya Plinggisan setinggi lutut orang dewasa. Foto: tangkapan layar

Kraton (WartaBromo.com) – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan menyebabkan wilayah Kecamatan Kraton terendam banjir, Selasa (08/03/2022). Banjir dilaporkan sudah masuk ke sejumlah pemukiman warga.

Debit air sungai welang sejak sore tadi memang diketahui cukup tinggi. Sejumlah video yang didapatkan WartaBromo menunjukkan arus Sungai Welang cukup besar dan deras.

Dalam sebuah video memperlihatkan situasi Jembatan Sedodol, Desa Plinggisan, Kecamatan Kraton. Air sungai terlihat sangat deras menerjang jembatan hingga luber ke jalan.

Camat Kraton, Munif Triatmoko mengatakan, berdasar laporan yang ia terima, di tiga desa yakni Desa Plinggisan, Desa Kebotohan, dan Desa Tambakrejo, air sudah masuk ke pemukiman warga.

“Air sudah mulai masuk ke halaman rumah warga. Ketinggiannya bervariasi,” kata Munif.

Baca Juga :   Diterjang Banjir Parah, Pemkab Dirikan Dua Dapur Umum

Sampai saat ini pihaknya bersama BPBD Kabupaten Pasuruan masih melakukan pendataan terkait banjir yang melanda wilayahnya serta dampak yang ditimbulkan.

Di tempat lain, debit Sungai Welang yang tinggi akibat hujan deras juga menyebabkan banjir di Kecamatan Purwodadi. Di sana terjangan arus sungai mengakibatkan kolam-kolam ikan milik warga rusak. (tof/asd)