Ajak Warga dan Stakeholder, PT Indonesia Power Grati POMU Bersihkan Sampah Pantai

1111

PASURUAN (WartaBromo.com) – PT Indonesia Power Grati POMU menaruh perhatian besar akan kebersihan pesisir pantai di wilayah Lekok. Gerakan bersih-bersih pantai ini dlakukan dengan menggandeng warga dan para stakeholder terkait pada Sabtu pagi (12/3).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan 2022. Kegiatan positif ini dirangkai dalam sebuah acara bertajuk Coastal Clean Up (bersih pantai). Tepatnya di pesisir pantai Desa Jatirejo Kecamatan Lekok.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian PT Indonesia Power Grati POMU terhadap lingkungan sekitar. Utamanya dalam menjaga kelestarian dan kebersihan pantai. Menjaga ekosistem lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan inisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

PUNGUT SAMPAH: Para pegawai dan jajaran manajemen PT IP Grati POMU bahu membahu melakukan aksi bersih sampah di pesisir pantai.

Aksi pembersihan sampah wilayah pesisir pantai selat madura ini dipimpin oleh General Manager PT Indonesia Power Grati POMU yang baru, Yosefan Johan. Tampak hadir penuh semangat yakni para pegawai PT IP dan para stakeholder serta pemangku wilayah sekitar. Seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto S.Sos, M.Si. Kemudian jajaran Muspika Lekok. Di antaranya Camat, Kapolsek, dan Danramil.

Baca Juga :   Cara Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik Untuk Menyelamatkan Bumi

Tampak pula Kepala Instalasi Pelabuhan Perikanan Pantai (IPPP) Lekok. Lalu Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Pasuruan. Disamping itu juga terlihat antusias para warga Desa Jatirejo dan para pelajar sadar lingkungan dari SMKN 1 Grati. Mereka tampak penuh semangat dalam kegiatan bersih pantai pagi ini.

Agenda Coastal Clean Up ini meliputi pembersihan sampah di sepanjang bibir pantai Jatirejo. Kemudian pemilahan sampah organik dan anorganik. Penimbangan dan pengangkutan sampah sampai ke TPS terdekat.

Dalam sambutannya, Yosefan menyampaikan tujuan dari kegiatan Coastal Clean Up kali ini. “Kegiatan Coastal Clean Up ini kami harapkan dapat menularkan dan melaksanakan budaya yang melekat kepada masyarakat tentang kebersihan. Terutama kebersihan untuk tidak membuang sampah plastik ke pantai. Sehingga pantai tetap bersih dan terhindar dari sampah,” tegasnya.

Baca Juga :   Tak Hanya Anggota PKK, Air Minum Kemasan Bakal Ditiadakan saat Kegiatan OPD Pemkab Pasuruan
PERALATAN: Sebelum bersih pantai, semua peralatan disiapkan para pegawai PT IP Grati POMU. Hal ini memudahkan para warga, stakeholder, dan para siswa SMKN 1 Grati ikut serta.

Yosefan menambahkan, kesadaran untuk tertib membuang sampah pada tempatnya ini memang harus dimulai dari diri sendiri. Sehingga dapat menjadi habit (kebiasaan) yang tercermin dalam perilaku sehari-hari.

Seolah gayung bersambut, kegiatan peduli lingkungan yang digelar oleh PT Indonesia Power Grati POMU juga mendapatkan respons positif dari Camat Lekok, Mulyohadi. Selaku pemangku wilayah pesisir pantai Lekok, Mulyohadi mengapreasi bahwa upaya pembersihan sampah di pantai harus sering dilakukan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada PT Indonesia Power Grati POMU dan seluruh pihak yang terlibat dalam agenda bersih pantai kali ini. Dan tentunya bersih pantai ini menjadi tanggung jawab kita semuanya untuk dapat bersama-sama menjaga pantai. Sehingga terbebas dari sampah,” tegas Camat dalam sambutan pembukaan.

Baca Juga :   Jadi Ancaman, Begini Cara Tanggulangi Sampah Plastik
AJAK SEMUA KOMPONEN: Gerakan bersih sampah di pantai pesisir Lekok diinisiasi PT IP Grati POMU dengan melibatkan semua komponen.

Bagaimana hasilnya? Wow. Luar biasa. Kegiatan Coastal Clean Up yang dilakukan pagi tadi, berhasil mengumpulkan sampah organik sebanyak 143 Kg dan anorganik sebesar 340 Kg.