Cek Kesiapan Pilkades, Gus Mujib Turun ke Desa – Desa

734

Pasuruan (wartabromo.com) – Untuk memastikan Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak di Kabupaten Pasuruan pada 23 maret berjalan aman dan lancar, Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) melakukan monitoring di sejumlah desa, sabtu (12/03/2022) siang.

Dari pantauan di lapangan, Gus Mujib mengunjungi dua desa, yakni Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan serta Desa Ketangirejo, Kecamatan Kejayan.

Kunjungan pertamanya adalah ke Desa Gondangrejo, dimana total ada 4 calon kepala desa yang akan memperebutkan satu kursi Kepala Desa. Saat pesta demokrasi nanti digelar, para pemilih yang berjumlah 2410 orang akan mencoblos di 6 TPS (tempat pemungutan suara) yang sudah ditentukan.

“Saya lihat semuanya sudah siap. Tadi saya ketemu dengan panitia pilkades untuk memastikan apakah ada kendala atau tidak. Alhamdulillah, seluruhnya berjalan lancar, bahkan pelipatan surat suaranya pun sudah selesai dan sekarang sudah berada di gudang,” kata Gus Mujib di sela-sela sidaknya.

Baca Juga :   Terungkap, Sebab Minimnya Calon di Pilkades Serentak Kabupaten Probolinggo

Dari Desa Gondangrejo, Gus Mujib melanjutkan kunjungannya ke Desa Ketangirejo. Hasilnya juga sama, dimana panitia Pilkades sudah siap untuk mensukseskan gelaran Pilkades yang tinggal menghitung hari saja.

Di hadapan panitia dan undangan yang hadir, Gus Mujib menegaskan akan pentingnya kerukunan dalam kemasyarakatan. Termasuk saat pilkades digelar hingga diketahui siapa yang akan memenangkannya.

“Semuanya harus berkomitmen untuk menjaga dan mensukseskan Pilkades. Yang paling penting adalah menjaga kerukunan satu sama lain. Jangan sampai yang kalah kemudian gak terima dan melakukan hal yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Tak selesai sampai di situ, salah satu faktor penunjang kesuksesan pilkades adalah janji dan komitmen tinggi dari semua calon kepala desa plus para tim sukses yang mendukungnya. Untuk itu, Gus Mujib meminta agar komitmen tersebut bisa dipegang sesuai dengan janji dan ikrar yang dibacakan di hadapan masyarakat desa.

Baca Juga :   10 Cakades Perempuan Siap Bertarung di Pilkades Serentak

“Seperti di Gondangrejo, siang ini ada doa bersama sekaligus pembacaan ikrar dan janji calon kepala desa untuk sama-sama menjunjung tinggi yang namanya fakta kalah dan menang dalam sebuah pemilihan, ” harapnya.

Lebih lanjut pria yang juga Pengasuh Ponpes Al Yasini Areng-Areng ini berterima kasih kepada semua pihak yang bertekad untuk mengantisipasi potensi kerusuhan, kerawanan, kericuhan atau hal-hal yang menimbulkan gesekan satu dengan yang lain.

“Pilkades harus sukses dengan tidak ada kekurangan apapun, ” ujarnya. (yog/mil)