Tips Jitu Anti Baper Saat Dikritik

706

Pasuruan (wartabromo.com) – Bagi sebagian orang mendapat kritikan bukanlah hal menyenangkan. Tak jarang setelahnya merasa down dan sakit hati.

Walau disadari, dalam hidup bersosial kritik merupakan salah satu bentuk pembicaraan yang tak bisa dihindarkan. Apalagi dalam lingkup pekerjaan, pasti seolah-olah ada saja kesalahan.

Nah, bagi yang sering merasa terbawa perasaan dan sakit hati saat dikritik, jangan galau. Pasalnya, dinukil dari beberapa sumber ada tips jitu yang bisa dilakukan.

Apa saja? Ini dia!

1. Diam dan Dengarkan Sampai kritikan Selesai

Tips pertama adalah jangan langsung bersikap defensit. Redam ego lebih dulu dengan diam dan dengarkan sampai si pemberi kritik menyelesaikan perkataannya.

Baca Juga :   Cara Mencari Lowongan Kerja Secara Online, Mudah dan Cepat

Upaya ini akan sangat membantumu untuk bisa mencerna kritikan yang diberikan. Pilah dan pilih setiap kalimat yang ada, ambil baiknya dan buang buruknya.

2. Fokus pada Sisi Positf dan Solusi

Ketika sudah mendengar kritikan sampai selesai, jangan segan untuk bertanya kepada si pengkritik. Ajukan pertanyaan yang berhubungan dengan solusi dari kritikan tersebut.

Ini akan sangat berguna agar tidak mudah baper. Pasalnya, Daripada menolak kritikan, lebih baik jadikan bahan untuk mengimprove diri supaya lebih berkembang.

3. Ucapkan Terimakasih

Tips berikutnya adalah sadari bahwa tak semua kritikan mencerminkan kegagalan seseorang. Anggaplah sebuah kritikan merupakan bahan bakar agar bisa memacu diri lebih berkembang.

Baca Juga :   Travelers, Barang Ini Bikin Tetap Photogenic Saat Liburan

Untuk itu, jangan pernah takut untuk dikritik lagi. Dan jangan lupa untuk sampaikan terima kasih kepada orang yang udah mengkritikmu. (trj/may)