Ponsel Ketua Dewan Diretas, Minta Duit ke Sejumlah Kontak

528

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ponsel Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sudiono Fauzan, diretas penipu. Si penipu lantas meminta uang ke sejumlah kontak yang ada dimiliki ketua dewan.

Kepada WartaBromo.com, Dion–sapaan akrab Sudiono Fauzan–membeberkan, nomor WhatsApp-nya diperkirakan diretas hacker sejak Sabtu (26/03/2022) malam.

“Saya cek jam 00.51 WIB ada notifikasi baru dari WhatsApp. Lalu subuh tadi buka WhatsApp sudah tidak bisa,” kata Dion.

Sepanjang nomor WhatsApp-nya tak bisa diakses, peretas menggunakannya untuk meminta uang ke sejumlah kontak yang ada di ponsel Dion. Mulai teman hingga pejabat Pemkab Pasuruan.

Modusnya, si peretas mengirimkan pesan ke banyak nomor yang ada di kontak WhatsApp Dion. Dalam pesan itu, peretas meminjam uang dengan jumlah rata-rata Rp2 juta.

Baca Juga :   Mabes Polri Limpahkan Berkas Peretas Situs Kemendagri asal Pandaan

Peretasan yang dilakukan pun rupanya cukup terencana. Pasalnya, si peretas juga melampirkan rekening Bank Jawa Barat (BJB) atas nama Sudiono Fauzan.

Menurut Dion, memang tidak semua kontak yang dihubungi peretas akhirnya mengirimkan uang. Namun ada dua orang yang akhirnya mengirimkan uang masing-masing sebesar Rp6 juta dan Rp200 ribu.

Beruntung, sejak siang tadi nomor WhatsApp Dion akhirnya bisa kembali. Sampai saat ini Dion belum melaporkan kejadian yang ia alami ke Polres Pasuruan.

“Kalau buat laporan belum. Hanya menghubungi kapolres tadi. Tapi kalau korban yang transfer uang itu sepertinya sudah buat laporan,” ujar Dion. (tof/asd)