Tetap Sehat dengan Menu Diet Buka Puasa Ini Yuk!

495

Pasuruan (wartabromo.com) – Tak cuma momentum untuk memperbanyak pahala, puasa Ramadan juga bisa dijadikan ajang untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya bagi yang sedang diet.

Nah, bagi yang sedang menjaga bentuk badan tetap ideal selama puasa, tentu harus benar-benar menjaga asupan gizi dari makanan yang disantap. Tapi, menu buka puasa apa ya yang kira-kira cocok bagi pelaku diet?

Dilansir dari berbagai sumber, ini menu buka puasa yang bisa dijadikan pilihan:

1. Teh dan Kurma

Sebelum menyantap berbagai makanan, Bolo yang sedang diet bisa minum teh hangat manis dulu saat berbuka puasa. Kemudian lanjutkan dengan makan kurma dengan jumlah ganjil.

Kenapa harus ganjil? Pasalnya, menurut penelitian medis mengonsumsi kurma dalam jumlah genap semisal 2, 4, 6, dan seterusnya akan menghasilkan gula dalam darah dan potassium tanpa memberi banyak energi.

Baca Juga :   Deretan Takjil Berbahan Dasar Ubi & Singkong Ini Dijamin Menggoyang Lidah

2. Nasi Merah

Seperti diketahui, nasi merah memang identik dikonsumsi oleh pelaku diet. Maka, bagi Bolo yang sedang program diet bisa menyantap nasi merah sebagai menu berbuka.

Sandingkan nasi merah dengan lauk pauk yang rendah lemak dan tidak terlalu masam, mengingat saat berbuka tubuh lebih butuh banyak cairan. Salah satu lauk yang bisa disantap dengan nasi merah adalah cumi saus tiram, urap sayur, capcay kuah dan masih banyak lagi.

3. Salad Buah atau Sayur

Bagi yang tak ingin makanan berat tetapi bisa merasa kenyang, maka salad buah atau sayur bisa dijadikan ide santapan berbuka. Kandungan gizi yang ada dalam semangkuk salah buah atau sayur sudah cuk up menggantikan energi yang hilang selama puasa.

Baca Juga :   Roti Pentung, Takjil Hemat & Nikmat ala Chef Guna

Usai makan salad, nantinya Bolo bisa lanjut makan nasi atau makanan lain bila merasa masih lapar. Dan tetap perhatikan porsi makan, ya agar berat badan tubuh tetap ideal. (trj/may)