Rekomendasi Takjil Tradisional Khas Jawa Timur yang Manis dan Segar

518

Pasuruan (wartabromo.com) – Bagi Bolo Warmo yang bingung menyiapkan takjil untuk berbuka, maka bisa menghidangkan takjil tradisional khas Jawa Timur. Ada banyak rekomendasinya yang manis dan segar.

Umumnya, takjil berupa santapan manis, segar dan ringan untuk membatalkan puasa. Nah, di Jawa Timur sendiri punya banyak santapan khas tradisional yang bisa dijadikan takjil.

Bahkan, beberapa santapan tersebut hanya bisa dijumpai selama bulan Ramadan. Dinukil dari beberapa sumber, berikut rekomendasi takjil tradisional khas Jawa Timur yang manis dan segar:

1. Bongko Kopyor

Kuliner khas Gresik yang selalu ada saat bulan Ramadan adalah Bongko Kopyor. Hidangan tradisional ini berbahan dasar tepung beras dan berisi pisang.

Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Bila dilihat sekilas memang mirip dengan bubur sumsum. Isiannya pun sangat bervariatif, yakni mutiara, roti hingga kelapa muda. Setelah itu dimakan dengan kuah santan kelapa hangat atau bisa juga dimasukkan es batu ke dalamnya.

2. Es Buto Ijo

Es satu ini banyak ditemui dan dijual walau tak di bulan Ramadan. Rasa manis dan segar dari es asal Kediri ini juga sangat cocok dijadikan takjil buka puasa selama Ramadan.

Es Buto Ijo terbuat dari berbagai isi. Seperti serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, dan kacang hijau. Semua isian ini kemudian dicampur dengan sirup melon, susu kental manis dan es serut.

Baca Juga :   Siap-siap Puasa! Ini Rekomendasi Menu untuk Sahur dan Berbuka

3. Petulo

Sering disebut mirip dengan kue Putu Mayang khas Betawi, ternyata petulo adalah makanan tradisional khas Jawa Timur yang sampai saat ini begitu digemari, khususnya saat ramadan.

Petulo terbuat dari tepung beras dan tapioka. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa disajikan dengan berbagai bentuk. Kue ini biasanya dihidangkan dengan serabi, ketan dan kuah santan gula merah.

4. Es Pleret

Tak cuma petulo dan Bongko Kopyor saja yang nikmat dihidangkan dengan kuah santan, Es Plereta asal Blitar, Jawa Timur ini pun tak kalah segar disantap sebagai takjil.

Nama pleret didapat dari cara pembuatannya. Pleret terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang dibulatkan dan kemudian dipleret atau ditekan di papan bambu.

Baca Juga :   Jual Takjil Tak Harus Pintar Masak

5. Es Sinom

Jalan-jalan ke Surabaya belum lengkap rasanya jika tak menyempatkan membeli es sinom untuk berbuka. Minuman ini punya rasa manis dan segar yang juga bisa menyehatkan tubuh.

Sinom bisa melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri saat haid, melangsingkan tubuh, dan baik untuk kekebalan tubuh. Serta bisa menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. (trj/may)