Nikmatnya Ikan Asap Sambal Goyang Untuk Buka Puasa

686

Dringu (wartabromo.com) – Jika sedang melintas di jalur pantura Probolinggo – Bali, tak ada salahnya mencicipi kudapan ikan bakar. Sangat cocok untuk menu buka puasa. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau.

Ikan asap di sini, diolah dari ikan segar tangkapan nelayan setempat. Setiap sore hari, para pelancong dari berbagai daerah mendatangi kawasan yang terkenal dengan ikan asapnya ini. Yakni di tepi jalur nasional, Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Mereka mencari ikan asap untuk menu berbuka puasa. Selain nikmat dan mantap, ikan asap yang jual berasal dari ikan segar perairan laut Probolinggo.

Ada berbagai jenis ikan asap yang ada di kawasan ini. Mulai dari tongkol, tuna, dorang, kerapu, kakap, hingga barakuda. Semuanya dijual dengan harga mulai Rp13 ribu hingga Rp50 ribu tergantung jenis dan ukuran.

Baca Juga :   Resep Sayur Bayam Bening, Mujaer Goreng + Penyet Terong dan Sop Buah

“Banyak rekomendasi dari teman untuk membeli ikan asap di tempat ini. Selain untuk menu buka puasa di rumah, juga bisa dimakan disini,” kata salah satu pembeli asal Lumajang, Utik, Selasa 12 April 2022.

Sementara itu, salah satu pedagang ikan asap mengatakan penjualan selama bulan puasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah para pembeli yang datang bisa mencapai tujuh puluh orang dalam satu hari hingga menghabiskan 30 kilogram ikan asap dari berbagai jenis ikan.

“Kalau disini terkenalnya sama sambal goyang Bu Yuni. Kenapa sambal goyang, karena waktu mengulek itu sambil goyang-goyang. Begitu dimakan, rasa pedasnya bener-bener bikin lidah bergoyang,” jelas penjual ikan asap, Yuni.

Baca Juga :   Jual Takjil Tak Harus Pintar Masak

Selain harganya yang tergolong murah, dengan menyugukan rasa yang nikmat dan mantap, kawasan ikan asap ini berada persis di pinggir jalan. (lai/saw/may)