Ada Laka, Lakukan Hal Ini untuk Menolong Korban Kecelakaan

530
Ilustrasi kecelakaan,

Pasuruan (wartabromo.com) – Kecelakaan bisa terjadi kapan dan di mana saja serta tak bisa diprediksi. Ketika ada korban kecelakaan, sebagai orang yang mengetahui lebih dulu maka sudah seharusnya memberikan pertolongan pertama.

Sayangnya, kebanyakan orang tak paham pertolongan pertama apa yang bisa dilakukan saat tahu ada korban kecelakaan. Malah, sering didapati banyak yang mengambil foto atau video terlebih dahulu.

Lantas, apa langkah pertama yang harus dilakukan saat mendapati ada korban kecelakaan? Dinukil dari halodoc.com, berikut diantaranya:

1. Perhatikan Keadaan Sekitar

Langkah pertama adalah amati dulu keadaan sekitar lokasi kejadian. Secermat dan secepat mungkin cari tahu apa yang menyebabkan kecelakaan terjadi agar bisa segera melakukan tindakan pertolongan selanjutnya.

Baca Juga :   Tabrakan 2 Motor di Purwosari, Seorang Pengendara Tewas

2. Hampiri dan Periksa Tingkat Kesadaran Korban

Apabila sudah diketahui penyebabnya, maka segera hampiri korban dan periksa tingkat kesadarannya. Untuk mengeceknya, Bolo bisa mengecek pernapasan dengan cara memperhatikan, mendengarkan dan merasakan bagaimana cara korban bernapas.

Bila korban masih cukup kuat untuk berdiri, maka segera bawa ke tempat yang lebih aman untuk diberikan ketenangan. Namun, jika tingkat kesadarannya rendah, maka tepuk pundak atau berikan minyak aroma terapi untuk menyadarkan.

3. Berikan Bantuan Pernapasan

Tak jarang ditemui para korban kecelakaan cenderung kesulitan bernapas. Ini disebabkan karena benturan keras dan rasa kaget yang muncul.

Nah, untuk mengatasinya segera berikan bantuan pernapasan dengan memberikan kompresi dada atau napas buatan. Napas buatan merupakan bagian dari resusitasi jantung paru (RJP) yakni teknik pertolongan pertama pada seseorang yang napas atau detak jantungnya berhenti.

Baca Juga :   Nyebrang Jalan, Mr. X Tewas Ditabrak Motor hingga Pikap

4. Periksa Luka Korban

Apabila korban sudah dalam keadaan sadar yang stabil, selanjutnya adalah memeriksa periksa trauma dan luka korban. Kalau Bolo menemukan luka, segera obati agar korban tidak mengalami pendarahan dan memperparah kondisi.

Nah setelah itu, jangan lupa untuk menghubungi ambulan dan petugas keamanan atau polisi untuk tindakan lebih lanjut. (trj/may)