Susah Beranjak dari Tempat Tidur? Bukan Malas, Bisa Jadi Karena Ini…

606

Pasuruan (wartabromo.com) – Beberapa orang yang diketahui enggan beranjak dari tempat tidur seringkali disebut pemalas. Padahal tidak sepenuhnya benar, melainkan bisa jadi menderita klinomania.

Apa itu Klinomania?

Dikutip dari tempo.co, klinomania adalah gangguan kesehatan yang cenderung dipengaruhi gangguan kecemasan atau depresi. Sehingga penderitanya akan merasa betah berada di tempat tidur dalam waktu yang lama.

Hanya saja, kondisi tersebut agak sulit diperiksa karena gejalanya berlainan. Sebagian mirip seperti gangguan kecemasan. Dan sering dianggap seperti kondisi letih yang terus-menerus atau sindrom kelelahan kronis.

Penderita klinomania akan melakukan hal-hal ringan di tempat tidur setelah terbangun. Misalnya membaca buku, bermain sosial media, menonton film atau hanya sekedar memainkan ponsel.

Baca Juga :   Meski Diyakini Negatif, Balita ini Masuk Daftar PDP ke-2 di Kabupaten Probolinggo

Tak cuma itu, ada juga yang setelah bangun tidur sering melamun di tempat tidur. Ketika ingin beranjak dari tempat tidur tubuh enggan untuk berpindah.

Untuk diketahui, klinomania berbeda dengan rasa malas, ya Bolo. Orang malas adalah yang sadar dan paham harus melakukan aktivitas tetapi enggan melakukannya tanpa alasan yang jelas. Sedangkan penderita klinomania akan merasakan stres, cemas, kewalahan, hingga merasa lemah setelah terbangun dari tidur. (trj/may)