Cara Mengatasi Klinomania, Mudah dan Tak Butuh Obat-Obatan

519

Pasuruan (wartabromo.com) – Ketika mengalami masalah kesehatan, banyak orang menganggap cara cepat menyembuhkannya adalah mengkonsumsi obat. Padahal, tada cara mudah yang bisa dijadikan alternatif.

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan tanpa obat-obatan adalah klinomania. Bahkan, upaya yang dilakukan pun tak membutuhkan biaya mahal, serta mudah dilakukan secara mandiri di rumah.

Untuk diketahui, Klinomania adalah rasa cemas hingga enggan meninggalkan tempat tidur dan mulai menjalani hari. Ada pendapat juga yang bilang ini seperti kecanduan tempat tidur dalam waktu yang lama.

Dilansir dari sehatq.com, berikut caranya:

1. Miliki Hewan Peliharaan yang Disukai

Pengidap klinomania bisa mencoba terapi dengan cara memelihara hewan peliharaan yang disukai. Pasalnya, menurut penelitian hewan peliharaan terbukti berdampak positif bagi orang dengan depresi.

Baca Juga :   Sembuh, 3 Pasien Positif Pulang dari RSUD Bangil

Yakni, bisa mengurangi rasa stres, cemas berlebih, hingga mengusir rasa kesepian. Serta, hewan peliharaan juga bisa menjadi motivasi tersendiri untuk bangkit dari kasur dan bergerak.

2. Bicara pada Diri Sendiri

Ketika pikiran mulai muncul hal-hal negatif setelah bangun tidur, maka coba untuk bicara pada diri sendiri. Sampaikan apa saja rencana yang akan dilakukan hari itu, tak perlu terlalu banyak, maksimal 3 target saja sudah cukup.

Jangan lupa untuk berusaha menyampaikan alasan tentang mengapa harus meyelesaikan target tersebut. Maka, dengan begitu otak dan tubuh bisa terstimulus untuk segera bangun dan beraktivitas dengan semangat.

3. Cari Cahaya Matahari

Rasa stres berkepanjangan biasanya dikarenakan seseorang kekurangan okisigen dan iOn. Maka, untuk mengatasinya usahakan mencari cahaya matahari pagi, dimana waktu paling ideal untuk berjemur adalah pukul 08.00 – 09.00.

Baca Juga :   Kini, 33 Warga Kabupaten Probolinggo Sembuh dari Covid-19

Tak perlu lama-lama, 5 menit pun sudah cukup asalkan dilakukan setiap hari. Sebab, berada di bawah sinar matahari dan udara terbuka bisa meningkatkan konsentrasi sekaligus membantu proses penyembuhan klinomania lebih cepat. (trj/may)