Amalan Setiap Jum’at yang Bisa Mengijabah Doa dengan Cepat

447

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari Jum’at adalah hari yang dimuliakan umat Muslim karena penuh keistimewaan. Salah satu keistimewaannya adalah bisa mengabulkan doa dengan cepat jika melakukan suatu amalan khusus.

Sebab keistimewaannya, dilansir dari suara.com, hari Jumat disebut sebagai Sayyidul ayyam. Apa itu? yakni hari di mana doa-doa lebih mudah dikabulkan.

Sebagaimana diterangkan dalam hadits Rasullah SAW yang artinya,

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu.” (Muttafaqun Alaih).

Selain salat, ada juga amalan-amalan lain yang bila dilakukan di hari Jumat bisa mempercepat terijabahnya doa. Mau tahu apa saja?

Simak ini!

1. Sedekah Shubuh

Banyak ulama menganjurkan sedekah shubuh jika ingin dilancarkan dan dimudahkan rejekinya. Itu memang benar, dan lebih mustajab lagi jika kegiatan tersebut dilakukan pada hari Jum’at.

Bentuk sedekah shubuh bisa apa saja dan tak melulu harus uang. Misalnya membantu orang baik dengan tenaga maupun pikiran.

2. Membaca Doa Memohon Rejeki

Selain sedekah shubuh, amalan lain yang juga bisa mempercepat dikabulkannya doa adalah membaca doa memohon rejeki. Sebagaimana diketahui, segala kemampuan dan anugerah yang kita miliki di dunia ini adalah rejeki dari Allah swt.

Begini doanya,

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu

Baca doa tersebut seusai adzan shubuh kemudian lanjutkan dengan salat shubuh. Tambahkan juga dengan dzikir dan witir agar Allah Swt semakin mendengar doa kita.

3. Baca Surat Al-Baqarah Ayat 186

Amalan terakhir yang bisa mempercepat dikabulkannya doa adalah membaca surat Al-Baqarah ayat 186 setiap hari Jumat. Waktu membacanya boleh kapan saja asalkan dibaca dengan ikhlas dan diniatkan untuk beribadah kepada Allah Swt.

Adapun arti dari bacaan Al-Qur’an tersebut adalah,

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (Qs. Al-Baqarah: 186). (trj/may)