Hantam Pembatas Jalan, Truk Terguling Tutupi Jalur Pantura

846

Kraksaan (WartaBromo.com) – Sebuah truk bermuatan air galon terguling di Jalan Raya Panglima Sudirman, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/6/22). Meski tak da korban jiwa, arus lalu lintas di jalur pantura pun sempat tersendat.

Kecelakaan tunggal itu bermula ketika Taufiq melajukan truk tronton nopol L 9271 UF melaju dari arah barat sekitar pukul 05.30. Ia membawa muatan air mineral dalam kemasan galon. Truk tronton putih itu berangkat dari pabriknya di Kabupaten Pasuruan menuju Kabupaten Banyuwangi.

Sesampainya di depan KPU Kabupaten Probolinggo, Taufiq kehilangan konsentrasi. Sehingga ia menabrak pembatas jalan pemisah jalur. Alhasil, kendaraan tersebut oleng ke selatan dan muatannya tumpah ke jalan.

Baca Juga :   Truk Tangki Semen Gresik Seruduk Truk Pasir di Tol Gempas, Sopir Terjepit

“Dari arah barat mau ke Banyuwangi,, entah kenapa saya tiba-tiba hilang konsentrasi. Kemudian saya nabrak trotoar ini,” tutur sopir asal Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan itu.

Kendaraan besar beserta muatannya, menutupi rusa sisi selatan Jalan Panglima Sudirman. Kendaraan dari arah timur ke barat tak bisa melintas. Antrean kendaraan pun tak dapat dihindari.

Sehingga polisi kemudian menerapkan sistem lawan arus (contra flow). Kendaraan dari timur melewati jalur utara mulai dari barat Rutan Kraksaan hingga depan KPU. Kondisi ini, sedikit mengurangi kemacetan.

Hingga pukul 11.00 WIB, proses evakuasi kendaraan dan muatannya bel selesai. “Dugaan sementara pengemudi truk tidak konsentrasi, diduga kelelahan dan mengantuk. Kami imbau para sopir untuk istirahat, jangan memaksa mengemudi jika mengantuk atau lelah,” kata Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Probolinggo, IPTU I Nyoman Harayasa. (cho/saw/asd)