Doa Agar Diberikan Anak dan Keturunan yang Saleh

702

Pasuruan (wartabromo.com) – Doa merupakan senjata bagi umat Islam untuk memohon segala sesuatu yang baik kepada Allah, baik urusan dunia maupun akhirat. Tak terkecuali memohon agar diberikan anak dan keturunan yang saleh.

Dilansir dari sindonews.com, ada doa khusus yang bisa dibaca para orang tua agar bisa segera mendapatkan momongan dan diberikan keturunan saleh salihah di dunia dan akhirat.

Adapun doa ini adalah yang dipanjatkan Nabi Ibrahim as saat menantikan kehadiran buah hatinya, yakni Nabi Ismail dan Nabi Ishak. Lantas, bagaimana doanya?

1. Doa Saat Nabi Ibrahim Memohon Agar Dikarunia Anak Setelah Penantian Panjang

Bagi pasangan yang sudah menikah cukup lama dan belum juga dianugerahi anak, maka jangan putus asa. Dekatkan diri kepada Allah dan bacalah doa di bawah ini:

Baca Juga :   Waspada Maling Motor Berkeliaran, Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Pencurian

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh

2. Doa Agar Diberikan Keturunan yang Saleh dan Salihah

Dalam hidup, semua manusia tak bisa terlepas dari keturunan. Bagian dalam hidup inilah yang sangat penting untuk dijaga karena kelak akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

Nah, bagi yang ingin diberikan keturunan yang saleh dan salihah, maka baca doa berikut dan iringi dengan perbuatan baik untuk memberikan contoh kepada anak dan cucu:

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ (٤٠ ) رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ (٤١)

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).

Baca Juga :   Jumat Barokah, Polisi-Jurnalis Bagikan Nasi Bungkus

3. Doa Agar Keturunan Senantiasa Menjadi Hamba Allah yang Taat

Memohon untuk dikarunuai anak dan keturunan yang saleh salihah saja ternyata tidaklah cukup. Nabi Ibrahim pun terus memohon doa kepada Allah agar semua keturunannya bisa menjadi hamba yang taat akan ajaran Islam dan selalu berserah diri.

Begini doanya:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Baca Juga :   Waspada Maling Motor Berkeliaran, Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Pencurian

Semua doa di atas ada dalam Al-Qur’an ya, Bolo. Untuk memantapkan hati dan niat, Bolo juga bisa mencari dan memahami tafsir beserta maknanya sebagai bentuk muhasabah diri. (trj)