Cara Merawat Luka Akibat Kuku yang Lepas

37

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang pasti pernah mengalami kuku tangan atau kaki lepas karena kecelakaan kerja ataupun luka cantengan. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara merawatnya.

Tak heran jika orang yang mengalami hal tersebut kebingungan kiat mengobatinya dan takut lukanya semakin parah. Sebab, dokter akan menutup luka dengan perban saja dan memberi obat untuk diminum.

Lantas, bagaimana cara merawat luka akibat kuku yang lepas agar tidak membusuk? Dilansir dari alodokter.com, dokter Yuniar Cahyania Intani, begini cara merawatnya:

  • Jaga agar kuku dan jari tidak terbentur atau terinjak.
  • Pastikan luka tetap kering, terutama ketika mandi.
  • Jaga kebersihan luka dengan mengompresnya secara rutin dengan larutan antiseptik, seperti rivanol, selama 10-15 menit dan ulangi setidaknya dua kali sehari.
  • Tutuplah luka dengan kasa steril untuk menghindari kontaminasi dari luar.
  • Bila terasa nyeri, bisa mengonsumsi obat antinyeri ringan, seperti paracetamol.

Selain itu, dr. Yuniar Cahyania Intani mengatakan pergantian perban pun harus dilakukan secara rutin. Serta memastikan semua alat pengobatan steril agar tidak memperparah luka.

“Penutupan dengan perban harus dilakukan agar mencegah infeksi. Perban pun memang sebaiknya diganti setiap beberapa waktu tertentu agar tidak menjadi sarang berkumpulnya kuman,” terangnya. (trj)